5 Referensi Film Anak Indonesia untuk Weekend

5 Referensi Film Anak Indonesia untuk Weekend

Menikmati akhir pekan memang paling enak bersantai ya Fams. terutama setelah hari-hari sebelumnya disibukan dengan pekerjaan kantor. Selain bersantai, Anda juga dapat menghabiskan waktu bercengkrama dengan anggota keluarga terutama anak-anak. Misalnya seperti bermain bersama, mengobrol, atau menonton film keluarga.

 

Walaupun saat pandemi covid-19 bioskop masih dalam tahap perencanaan operasi kembali, Anda tetap dapat menikmati film bersama Si Kecil. Karena dengan adanya perkembangan teknologi, kini Anda dapat menonton film dengan mudah melalui televisi atau streaming. Nah, untuk akhir pekan Anda kali ini, KALCare memiliki 5 referensi film keluarga Indonesia yang tentunya dapat mendidik anak.

 

1. Petualangan Sherina

 

referensi film keluarga weekend, petualangan sherina

 

Petualangan Sherina mungkin merupakan film lawas jika disajikan pada anak-anak saat ini. Film anak-anak yang satu ini mengajarkan kepada Si Kecil tentang arti sebuah pertemanan. Karena dalam film, dikisahkan Sherina yang mendapatkan perlakuan buruk dari temannya yang terkenal akan kenakalannya. Tetapi saat temannya diculik dan mendapat kesulitan, Sherina mau membantunya. Maka anak akan memahami bahwa dalam kehidupan, manusia perlu saling tolong menolong sebagai makhluk sosial yang memang membutuhkan bantuan orang lain, bahkan yang tidak disukai sekalipun.

 

2. Laskar Pelangi

 

referensi film keluarga weekend, laskar pelangi

 

Laskar Pelangi merupakan film yang diangkat dari sebuah novel berjudul sama yang ditulis oleh Andrea Hirata. Film ini juga menceritakan tentang persahabatan yang kuat oleh anak-anak di pulau Belitung. Walaupun dalam kondisi yang kekurangan, anak-anak ini tetap bersekolah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan bahkan mencapai prestasi yang cemerlang. Dari film ini, Si Kecil dapat belajar untuk setia dan dapat membantu temannya dalam kondisi apapun. Selain itu, film ini mengajarkan anak Anda untuk bersyukur atas apa yang telah dimilikinya saat ini, terutama masih dapat menikmati kesempatan menuntut ilmu. Walaupun di masa pandemi dan pembelajaran di sekolah ditiadakan, setidaknya Si Kecil masih dapat menggunakan teknologi internet untuk tetap belajar.

 

3. Garuda Di Dadaku

 

referensi film keluarga weekend, garuda di dadaku

 

Film yang selanjutnya adalah Garuda Di Dadaku. Film ini mengisahkan tentang seorang anak yang ingin menjadi pemain sepak bola yang handal. Sejak kecil bahkan di dalam kehidupan sehari-harinya, anak ini tetap melatih kemampuannya dalam bermain sepak bola walaupun mendapati beberapa halangan dan rintangan. Film Garuda Di Dadaku mengajarkan Si Kecil agar tidak pantang menyerah dalam mencapai mimpi dan keinginannya. Tentu untuk mewujudkan mimpi tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya, termasuk beberapa kesulitan yang harus dirasakan dan dilewati oleh anak.

 

4. Hafalan Shalat Delisa

 

referensi film keluarga weekend, hafalan shalat delisa

 

Hampir sama seperti Laskar Pelangi, Hafalan Shalat Delisa merupakan film yang diangkat dari sebuah novel, karya Tere Liye. Film ini menceritakan seorang anak yang tinggal di dekat pantai sebuah daerah di Aceh. Pada saat tragedi tsunami 26 Desember 2004, Delisa sedang bersiap-siap untuk ujian praktek shalat. Bencana ini menyebabkan Delisa harus mengalami amputasi kaki dan kehilangan keluarganya. Sampai pada akhirnya, Delisa dapat bertemu kembali dengan ayahnya. Walaupun film ini cukup membuat sedih, tetapi banyak pelajaran yang dapat diambil oleh Si Kecil. Terutama pelajaran akan agama agar selalu mendekatkan diri kepada Pencipta dalam segala keadaan, cinta di dalam keluarga, dan kemanusiaan.

 

5. Keluarga Cemara

 

referensi film keluarga weekend, keluarga cemara

 

Referensi film terakhir adalah Keluarga Cemara. Film ini sebenarnya juga termasuk sebagai film lama, tetapi dibuat kembali pada tahun 2019. Film ini menceritakan perjuangan sebuah keluarga. Awalnya keluarga ini memiliki kehidupan yang berkecukupan. Namun, karena suatu kondisi, harta yang mereka miliki direnggut sehingga harus hidup sederhana bahkan kekurangan. Film ini mengajarkan kepada Si Kecil untuk selalu bersyukur dalam kehidupan, apapun kondisinya. Selain itu, anak akan belajar untuk menjadi pribadi yang sederhana, jujur, mau bekerjasama dan tolong menolong di dalam keluarga.

 

Itulah referensi 5 film anak-anak Indonesia yang dapat mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang positif untuk menghabiskan akhir pekan. Agar kegiatan menonton film lebih mengasikan, Anda dapat menyajikan camilan sehat seperti Zee Up and Go UHT. Terdapat dua varian rasa Zee Up and Go UHT yang enak, yaitu Swizz Chocolate Milk dan Strawberry Milk Shake yang bisa didapatkan dengan mudah di sini.

 

Zee Up and Go UHT untuk temani akhir pekan anak di rumah

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.brilio.net/film/14-film-anak-indonesia-ini-sarat-pesan-mendidik-kini-langka-1811271.html