5 Penyakit Akibat Kekurangan Kalsium

5 Penyakit Akibat Kekurangan Kalsium

Kalsium adalah salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Karena itulah, kekurangan kalsium sangat identik dengan masalah tulang seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang. Akan tetapi, ternyata tak hanya osteoporosis saja. Kekurangan kalsium juga bisa memicu berbagai masalah kesehatan lain. Inilah 5 gangguan kesehatan yang muncul akibat kekurangan kalsium.

  1. Rakitis

    Penyakit yang satu ini umumnya dialami oleh anak-anak dan menyebabkan kerusakan bentuk tulang sehingga mengganggu pertumbuhan anak. Tak hanya itu saja, penyakit ini membuat tulang menjadi begitu lemah. Gejala rakitis sendiri meliputi otot terasa lemas, kaki sering terasa sakit dan terjadi penebalan pada pergelangan tangan dan kaki.

  2. Hipokalsemia

    Hipokalsemia terjadi akibat rendahnya kadar kalsium dalam plasma darah. Kondisi ini menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh hingga mengganggu kesehatan penderitanya. Gejala paling umum dari hipokalsemia ini adalah kram otot. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini juga bisa mempengaruhi kondisi emosi penderitanya.

  3. Osteoporosis

    Penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang ini memang sangat identik dengan lansia. Akan tetapi, penyakit yang satu ini ternyata juga bisa dijumpai pada mereka yang masih berusaha 30 tahunan. Osteoporosis ini menyebabkan tulang penderitanya terasa sangat lemah dan rapuh. Bahkan benturan yang cukup keras bisa berdampak serius dan menyebabkan patah tulang.

  4. Osteomalacia

    Tubuh bungkuk akibat tulang yang menjadi sangat lunak, itulah gambaran mengenai osteomalacia. Kondisi ini menyebabkan penderitanya merasa kesulitan untuk mendapatkan tulang yang kuat. Gejala penyakit ini biasanya meliputi nyeri otot dan tulang, kaki terasa lemah dan punggung bagian bawah terlihat kusam serta sering terasa sakit saat malam hari.

  5. Darah Tinggi

    Kekurangan kalsium tak hanya berdampak pada tulang. Tekanan darah juga ikut terpengaruh akibat tidak terpenuhinya kebutuhan kalsium dalam jangka waktu yang lama. Jika tidak diatasi, darah tinggi ini bisa memicu masalah lain yang jauh lebih serius. Bahkan penyakit berbahaya seperti jantung, stroke dan diabetes juga bisa muncul akibat darah tinggi.

Mungkin ada sebagian dari Anda yang tidak menyangka bahwa kekurangan kalsium bisa memicu banyak penyakit berbahaya. Tapi percayalah, semua itu benar adanya. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari, Anda bisa mengonsumsi susu secara rutin. Namun tentu saja, akan jauh lebih baik jika Anda mengonsumsi susu tinggi kalsium seperti susu Entrasol.

 

 

Salam,

KALBE Store