5 Nutrisi Yang Wajib Terpenuhi Saat Promil

5 Nutrisi Yang Wajib Terpenuhi Saat Promil

Apakah Anda sedang menjalankan program hamil? Menjaga kesehatan tubuh dan mental perlu dilakukan agar program hamil dapat berjalan dengan sukses. 

 

Anda juga perlu mengatur diet pra kehamilan dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi penting untuk membantu meningkatkan kesuburan serta mempersiapkan tubuh agar siap mengandung sang buah hati kelak. 

 

Simak nutrisi penting apa saja yang wajib terpenuhi saat melakukan program hamil di artikel ini ya.

 

1. Asam Folat

 

asam folat untuk kehamilan

 

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI 2019, Asam Folat  wajib dikonsumsi untuk memenuhi kecukupan gizi hariannya sebesar 400 mcg/hari. WHO merekomendasikan setiap ibu yang menjalankan promil untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian untuk mencegah cacat tabung saraf anencephaly dan spina bifida. 

 

Anencephaly adalah salah satu jenis cacat tabung saraf yaitu otak, tengkorak, dan kulit kepala bayi tidak berkembang di dalam rahim. Sedangkan, Spina Bifida adalah kelainan pada saraf dan tulang belakang tidak terbentuk secara sempurna pada bayi sejak lahir. 

 

Pembentukan jaringan saraf terjadi pada 8 minggu pertama kehamilan, maka dari itu penting untuk rutin konsumsi makanan tinggi Asam Folat sejak dari masa promil. Asam folat banyak dikandung dalam hati ayam, hati sapi, alpukat, buah bit, bayam hijau, kacang kedelai, kacang hijau.

 

2. Zat Besi

 

zat besi untuk kehamilan

 

Kebutuhan zat besi untuk wanita usia 19 – 49 tahun adalah 18 mg/hari. Kurangnya asupan zat besi akan menyebabkan anemia yang bisa membahayakan Ibu dan Bayi. Kemenkes RI di tahun 2018, mempublikasikan angka kejadian anemia di Indonesia terutama pada wanita usia subur masih tinggi yaitu sebesar 48,9%.

 

Padahal, zat besi sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah serta berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Saat hamil, produksi sel darah merah harus meningkat agar, menyokong tumbuh dan kembang janin melalui plasenta. 

 

Makanan sumber zat besi yang dapat Anda dikonsumsi adalah hati, daging merah, dan sayur-sayuran hijau. Namun perlu diingat tingkat penyerapan besi dari sayuran hijau tergolong lebih rendah dibandingkan dari sumber zat besi yang berasal dari makanan hewani.

3. Kalsium dan Vitamin D

 

kalsium untuk ibu hamil

 

Dari beberapa studi, memperlihatkan bahwa wanita dengan level vitamin D yang cukup lebih mudah untuk hamil. Studi lain juga menunjukkan adanya dampak positif dari hal kesuburan pada wanita yang sedang menjalani treatment bayi tabung (In vitro fertilisation)

 

Selain itu asupan Kalsium juga penting, karena berkaitan dengan mengurangi risiko terjadinya preeklampsia dan eklampsia. Makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D adalah kuning telur, minyak ikan, margarin, krim. Sedangkan untuk kalsium, perbanyak konsumsi yoghurt, ikan teri, keju, dan olahan susu lainnya. 

 

4. Seng/Zinc

 

seng untuk ibu hamil

 

Berdasarkan artikel kesehatan dalam buku Gizi dan Kesehatan Masyarakat Prof. dr. Endang L. Achadi, M.P.H, memaparkan bahwa kekurangan zinc dapat mengakibatkan, plasenta tidak berkembang dengan sempurna atau bahkan mengalami placenta abruption (plasenta yang lepas dari dinding rahim). Defisiensi Zinc ringan, dihubungkan dengan kejadiaan BBLR (Berat Badan Bayi Lahir Rendah) dan persalinan prematur. 

 

Pada Ibu yang mengalami kekurangan Seng yang sudah parah dapat menyebabkan kelainan congenital pada bayi hingga keguguran. Zinc adalah salah satu mineral yang baik untuk kesuburan pria, yaitu memperbaiki kualitas sperma  (jumlah sperma, kelincahan, dan kesempurnaan bentuk sperma). 

 

Di beberapa penelitian juga menunjukkan Ibu hamil yang kekurangan Zat Besi, Vitamin A, Zinc juga  rentan terserang penyakit infeksi. Zinc bisa didapatkan di dalam daging merah, hati, kerang dan telur.

 

5. Vitamin E 

 

vitamin e untuk ibu hamil

 

Antioksidan ini dapat melindungi sel telur dan sel sperma dari radikal bebas. Serta dapat mengurangi nyeri haid pada wanita yang mengalami dismenorhea.  Fungsi vitamin E ini adalah sebagai antioksidan.

 

Vitamin E banyak terdapat dalam biji-bijian seperti biji bunga matahari dan almond. Selain itu vitamin E bisa didapat juga dalam minyak tumbuh-tumbuhan seperti minyak jagung, minyak kacang kedelai, minyak kelapa sawit dan margarin. Sayangnya Vit E sangat rentan dalam pemasakan dengan proses penggorengan yang menggunakan suhu tinggi.
 

Rekomendasi Susu Penunjang Selama Program Hamil

 

susu prenagen esensis

 

Jika harus mengonsumsi semua bahan makanan dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi 100% nutrisi yang dianjurkan, tentu akan menghabiskan waktu dan biaya yang banyak.  Kini, sebagai alternatif yang praktis Anda juga dapat mengonsumsi nutrisi khusus yang lengkap gizi serta sudah dipersiapkan untuk Anda yang sedang dalam program hamil seperti susu PRENAGEN Esensis. 

 

Keunggulan Prenagen Esensis

  1. Tinggi Asam Folat (340mcg/saji) untuk mencegah cacat tabung saraf otak (Neural Tube Defect), dan berperan dalam pertumbuhan dan pembelahan sel.
  2. Tinggi Zat Besi untuk mencegah anemia dan merupakan komponen penting dalam sel darah merah. Kandungan zat besinya juga  telah melalui proses mikroenkapsulasi sehingga 3.5 kali lipat lebih banyak diserap tubuh.
  3. Tinggi Zinc (35% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2150 kkal)
  4. Tinggi Kalsium dengan komposisi 360mg/saji. Membantu mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
  5. Sumber Vitamin D3 yang dapat membantu penyerapan kalsium.
  6. Rendah lemak-1gr/saji sehingga tidak meningkatkan berat badan yang berlebih saat persiapan kehamilan.
  7. Mengandung Vitamin E (10% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2150 kkal) serta DHA 25 mg/saji sebagai nutrisi persiapan kehamilan yang mementingkan faktor kecerdasan anak, khususnya perkembangan otak dan kecerdasan janin sedari dini.  

 

Varian Rasa dan Kemasan Prenagen Esensis

Prenagen Esensis tersedia dalam 3 varian rasa yaitu French Vanilla, Velvety Chocolate dan Groovy Mocha yang bisa Anda dapatkan di KALCare.comPrenagen Esensis tersedia dalam 2 kemasan yaitu 180 g dan 360 g.

 

Anjuran Konsumsi Prenagen Esensis

Anda bisa mengonsumsi Prenagen Esensis selama masa promil sebanyak 2x sehari untuk mencukupi kebutuhan 100% asam folat harian.  Anda bisa melarutkan 3 sendok makan (40 g) Prenagen Esensis dalam 180 ml air matang hangat, aduk sampai larut dan siap untuk diminum.

Jangan lewatkan berbagai informasi dan promo menarik khusus produk Prenagen Esensis melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward, serta informasi kesehatan terkini melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare.

Salam,

KALCare