10 Manfaat Penting Zat Besi untuk Ibu Hamil

10 Manfaat Penting Zat Besi untuk Ibu Hamil

Selain asam folat, ibu hamil membutuhkan zat besi dengan kadar yang lebih tinggi. Sebab ada banyak manfaat zat besi untuk ibu hamil selain untuk mencegah anemia. 

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk fungsi biologis, termasuk untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. 

Namun sayangnya, masih banyak ibu hamil yang kekurangan zat besi. Padahal defisiensi zat besi bisa membuat ibu hamil mengalami anemia dan kekurangan energi kronik yang menyebabkan pendarahan.

Manfaat zat besi untuk ibu hamil

Menurut WHO kebutuhan zat besi ibu hamil berkisar pada 800-1040 miligram per hari. Bukan tanpa alasan peningkatan kadar kebutuhan zat besi bagi ibu hamil. Sebab zat besi memegang peran penting bagi kehamilan karena manfaat berikut ini.

1. Mencegah Anemia Saat Hamil

Zat besi digunakan tubuh untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke jaringan tubuh. 

Pada saat hamil, tubuh lebih banyak membutuhkan zat besi karena diperlukan pasokan oksigen pada bayi. Simpanan zat besi yang cukup di dalam tubuh akan membuat ibu hamil terhindar dari anemia.

Baca juga: Cara Mengatasi Anemia Selama Kehamilan

2. Mencegah Kelelahan pada Ibu Hamil

Gejala utama dari anemia adalah cepat merasa lelah dan lemas. Hal ini juga berlaku pada ibu hamil. 

Kondisi lelah dan lemas tentunya akan mengganggu aktivitas harian ibu hamil. Padahal ibu hamil harus tetap beraktivitas untuk mendukung kehamilan yang sehat serta baik untuk persalinan.

sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi untuk ibu hamil

3. Mencegah Pendarahan 

Manfaat lainnya adalah zat besi dapat mencegah perdarahan pada ibu hamil. Kondisi anemia dan Kekurangan Energi Kronik (KEK) merupakan penyebab terjadinya pendarahan pada kehamilan. 

Kekurangan Energi Kronik sendiri merupakan kondisi asupan gizi yang tidak seimbang antara energi dan protein sehingga kebutuhan zat besi tidak dapat terpenuhi.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh Ibu

Selama masa kehamilan, di dalam tubuh ibu akan terjadi pertumbuhan sel yang sangat cepat. Dalam hal ini zat besi berguna untuk mendukung kekebalan tubuh ibu hamil serta menyembuhkan luka. 

Tidak hanya itu, zat besi akan menjaga agar indera perasa dan penciuman ibu tetap baik selama masa kehamilan.

Baca juga: Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh pada Ibu Hamil

5. Membantu Proses Pembentukan Plasenta

Plasenta berfungsi sebagai penyalur makanan yang dikonsumsi ibu kepada bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Nah, dalam hal ini zat besi berfungsi untuk membantu pembentukan plasenta yang sempurna untuk janin. Dengan begitu, janin bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

manfaat zat besi untuk ibu hamil

6. Mencegah Kelahiran Prematur

Kondisi kekurangan zat besi saat hamil dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Sebab defisiensi besi dapat mengubah tingkat sirkulasi sejumlah hormon yang terkait dengan permulaan persalinan. 

Selain itu, zat besi memiliki fungsi penting sebagai kekebalan tubuh yang mencegah infeksi sistemik dan intra-uterin yang berisiko pada kelahiran prematur.

7. Optimalkan Perkembangan Janin

Bayi membutuhkan zat besi untuk pertumbuhan sel di dalam tubuh. Selain itu, zat besi membantu memproduksi dan mendukung fungsi DNA. Begitu juga perkembangan otak bayi dapat dioptimalkan karena zat besi terlibat dalam produksi energi organ yang satu ini.

Baca juga: Tips Meningkatkan Kecerdasan Bayi Sejak dalam Kandungan

8. Mencegah BBLR

Kekurangan zat besi dapat membuat bayi lahir dengan berat badan rendah. Jika itu terjadi, bayi rentan terhadap infeksi dan terkena penyakit. Bahkan selama masa pertumbuhan, anak akan rentan terhadap penyakit dan mengalami gangguan pada tumbuh kembangnya.

9. Mencegah Risiko Keguguran

Beberapa penelitian menemukan bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan peningkatan risiko keguguran. Rata-rata kematian akibat kekurangan zat besi terjadi pada bayi yang segera atau segera lahir.

manfaat zat besi untuk ibu hamil

10. Mencegah Depresi Postpartum

Memenuhi kebutuhan zat besi sejak hamil hingga melahirkan dapat membantu mencegah depresi postpartum pada ibu. Hal ini terkait dengan perubahan hormon pada ibu dari awal kehamilan hingga menyusui yang membuat beberapa ibu mengalami depresi pascamelahirkan.

Itulah 10 manfaat zat besi bagi kesehatan ibu hamil. Ada beberapa cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Yang utama adalah mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti daging merah, ayam, dan kedelai.

Bila diperlukan, ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen atau susu kehamilan yang mengandung zat besi. Dengan begitu diharapkan kehamilan ibu senantiasa sehat, begitu juga dengan calon buah hati. 

 

Artikel dicek oleh: dr. Isman Sandira

Penulis: Chamilla Maria | Editor: Nimas Mita

Sumber: