5 Makanan yang Membuat Perut Kembung

5 Makanan yang Membuat Perut Kembung

Apakah Anda sering merasa perut kembung? Biasanya kondisi ini muncul akibat masuk angin atau terlambat makan. Perut kembung atau begah bisa menyerang siapa saja, mulai dari orang dewasa, lansia, anak-anak, bahkan bayi.

 

Perut kembung pun dapat disertai gangguan lain seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, dan rasa tidak nyaman di perut. Menurut ahli, perut kembung dapat berhubungan dengan hipersensitivitas usus, penumpukan gas, dan aktivitas bakteri pencernaan. Namun, pencetus perut kembung lainnya yang tak boleh diremehkan adalah makanan. Nah agar Anda berhati-hati terhadap makanan yang dapat memicu perut kembung, mari simak daftarnya di bawah ini!

 

 

 

makanan yang menyebabkan perut kembung

 

 

 

1. Makanan yang banyak mengandung gas

 

Mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gas akan membuat perut Anda menjadi kembung. Makanan bergas yang perlu dibatasi atau dihindari adalah sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, dan minuman bersoda. Gas yang dihasilkan oleh makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan produksi gas berlebihan di dalam organ pencernaan.

 

2. Makanan yang memiliki serat terlalu tinggi

 

Pada beberapa orang, jenis makanan berserat malah membuat perut menjadi kembung. Contohnya, Anda perlu mengurangi konsumsi makanan yang menggunakan gandum sebagai bahan dasarnya. Apel juga merupakan makanan tinggi serat yang dapat menyebabkan perut kembung.

 

3. Makanan yang sulit dicerna

 

Makanan yang sulit dicerna akan membuat lambung terasa penuh. Sebab lambung harus bekerja dua kali lebih banyak untuk memproses makanan. Padahal lambung memerlukan waktu kosong sejenak untuk istirahat sejenak dari tugasnya. Kondisi yang memaksakan kerja lambung ini dapat mencetuskan gas dan akan membuat perut menjadi kembung. Beberapa makanan yang sulit dicerna diantaranya kubis, kol, apel, brokoli, dan alpukat.

 

4. Intoleransi makanan

 

Bagi Anda yang memiliki intoleransi, mengonsumsi makanan tertentu malah menyebabkan perut menjadi kembung. Salah satu contohnya adalah intoleransi terhadap laktosa atau tidak tahan pedas. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui jenis makanan atau minuman yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh untuk menghindari kembung.

 

5. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan

 

Klep atau otot cincin merupakan perbatasan antara kerongkongan dengan lambung. Dalam kondisi normal, klep akan menutup dan mengunci agar makanan yang masuk tidak keluar lagi ke kerongkongan. Namun ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat melemahkan klep kerongkongan bawah yaitu makanan tinggi lemak, gorengan dan alkohol. Cokelat juga termasuk sebagai makanan yang dapat melemahkan klep kerongkongan. Untuk itu Anda perlu menghindari makanan dan minuman tersebut jika tidak ingin perut kembung terjadi saat beraktivitas.

 

Itulah jenis-jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan munculnya perut kembung. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan porsi makanan. Jangan makan terlalu banyak atau terlalu sedikit, dan makanlah dengan perlahan agar dapat tercerna dengan baik oleh organ pencernaan Anda.

 

 

 

redakan perut kembung dengan gazero

 

 

 

Jika perut sudah kembung dan sudah merasa mual, Anda tidak perlu panik. Segera ambil Gazero, yang terbuat dari bahan alami jahe merah, kunyit, dan madu. Bahan alaminya membantu Anda untuk mengeluarkan gas berlebih dari dalam tubuh dan menjaga agar asam lambung tetap normal. Kemasan Gazero pun praktis, sehingga Anda mudah membawanya di dalam tas atau saku Anda! Yuk atur pola makan Anda dan tetap persiapkan Gazero sebagai antisipasi perut kembung ke mana pun Anda melangkah! Kembung? Gazero aja!

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com (1), (2), (3)