5 Makanan Penyebab Sembelit


5 Makanan Penyebab Sembelit

5 Makanan Penyebab Sembelit

Fams, pernah mengalami kesulitan untuk buang air besar atau sembelit? Bahkan kesulitan buang air besar ini terjadi selama berhari-hari? Tentunya kondisi ini sangat mengganggu aktivitas Anda. Karena sembelit menyebabkan perut terasa mulas dan juga begah.

 

ketahui makanan yang menyebabkan sembelit

 

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan sembelit. Salah satunya adalah dari makanan yang Anda konsumsi lho Fams. Berikut ini merupakan 5 makanan yang dapat menyebabkan timbulnya sembelit.

1. Daging merah

Menyantap daging merah memang nikmat ya Fams. tetapi ternyata makanan yang satu ini dapat menyebabkan sembelit. Kondisi ini terjadi karena 3 hal. Pertama, daging merah memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi sehingga sulit untuk dicerna. Kedua, daging merah memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan serat protein yang keras maka mengakibatkan feses menjadi keras. Ketiga, banyak orang yang mengonsumsi banyak daging merah sehingga secara tidak langsung mengurangi makanan yang banyak mengandung serat, seperti sayuran. Padahal sayuran yang kaya serat akan membantu proses pencernaan yang terhambat akibat mengonsumsi daging merah.

 

2. Makanan yang mengandung gluten

Seperti yang Anda tahu, gluten merupakan protein yang terdapat pada gandum, jelai, dan serelia. Itulah yang membuat Anda banyak menemukan gluten pada roti, sereal, dan pasta. Pada beberapa orang, sembelit bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Terutama orang-orang yang menderita penyakit celiac, intoleransi gluten, dan sindrom iritasi usus besar.

 

3. Makanan cepat saji

 

makanan cepat saji dapat menyebabkan sembelit

 

Efek samping dari mengonsumsi makanan cepat saji ternyata tidak hanya meningkatkan risiko hipertensi dan penyakit kronis saja lho Fams. Kenyataannya makan cepat saji juga dapat menyebabkan sembelit. Hal ini terjadi karena makanan cepat saji cenderung tinggi lemak dan rendah serat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kombinasi ini dapat memperlambat gerakan usus sehingga feses sulit untuk dikeluarkan. Makanan cepat saji juga diketahui memiliki kadar garam yang tinggi, sehingga menurunkan kadar air dalam feses. Sehingga tubuh akan menggunakan lebih banyak air pada usus untuk menormalkan tekanan darah, namun efeknya feses menjadi kering, lebih padat, dan susah untuk dikeluarkan.

 

4. Makanan yang dibuat dari biji-bijian

Mungkin Anda bingung saat mengetahui bahwa makanan yang diolah dari biji-bijian dapat menyebabkan sembelit. Padahal biji-bijian merupakan makanan yang kaya akan serat. Ternyata proses pengolahan biji-bijian menjadi bahan makanan tertentu dapat menghilangkan kadar serat di dalamnya. Akibatnya mengonsumsi nasi putih, roti putih, dan pasta malah membuat Anda mengalami sembelit. Untuk itu Anda perlu mengurangi konsumsi makanan yang diolah dari biji-bijian agar terhindar dari sembelit atau ingin mengurangi gejala sembelit yang sudah ada.

 

5. Susu dan olahannya

Bagi Anda yang intoleransi terhadap laktosa, mengonsumsi susu atau produk olahannya perlu dihindari agar tidak menyebabkan sembelit. Sebab susu sapi, kambing, atau domba mengandung laktosa atau gula alami pada air susu hewan-hewan tersebut. Sembelit akan langsung dialami oleh orang dengan intoleransi laktosa setelah mengonsumsi susu atau makanan olahan susu. Hal ini terjadi karena pada tubuh orang dengan intoleransi laktosa tidak memiliki enzim khusus yang bertugas untuk mencerna laktosa.

 

Itulah daftar makan yang dapat menyebabkan sembelit. Maka dari itu Anda perlu mengurangi konsumsi 5 makanan tersebut dan minum Nutrive Fibershot. Minuman yang satu ini memiliki serat yang tinggi karena terbuat dari 16 sari buah dan sayur. Sehingga dengan mengonsumsi Nutrive Fibershot dapat membantu memelihara saluran pencernaan dengan melancarkan buang air besar. Anda bisa dapatkan Nutrive Fibershot dengan mudah di sini.

 

atasi sembelit dengan Nutrive Fibershot

 

Salam,

KALCare

 

Sumber: