5 Jenis Jamur yang Baik untuk Kesehatan Anda

5 Jenis Jamur yang Baik untuk Kesehatan Anda

Jamur merupakan salah satu tanaman yang tidak memiliki klorofil sehingga bersifat heterotrof atau tidak dapat membuat makanan sendiri. Dari sekian banyak jenis jamur, terdapat beberapa yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Bahkan terdapat nutrisi tertentu yang baik bagi kesehatan manusia.

 

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari jamur, tentunya perlu melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Nah berikut ini terdapat 5 jenis jamur yang jika Anda konsumsi akan memberikan manfaat bagi kesehatan.

 

1. Jamur tiram

Jamur tiram atau pleurotus ostreatus sangat khas dengan bentuknya yang lebar dan berwarna putih. Bahkan jamur ini tidak sulit untuk ditemukan karena banyak dijual baik pada pasar tradisional atau modern. Jamur tiram banyak diolah menjadi makanan misalnya seperti masakan tumis jamur dengan tahu, atau camilan jamur crispy yang banyak dijual dipasaran. Bagi kesehatan, jamur tiram memiliki khasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kinerja fungsi saraf. Jamur ini juga memiliki kadar antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh Anda dalam mencegah peradangan.

 

2. Jamur cordyceps

Cordyceps merupakan jamur yang hidup umumnya pada ulat atau serangga tertentu di daerah pegunungan, Tiongkok. Sejak jaman dahulu, tanaman yang satu ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan. Sebab masyarakat menganggap bahwa cordyceps memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas dengan merangsang sel-sel di dalam tubuh. Tidak hanya itu, jamur ini juga bermanfaat dalam meningkatkan konsumsi oksigen ke paru-paru, serta mengobati berbagai infeksi pada saluran pernapasan.

 

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari jamur cordyceps, Anda perlu mengekstrak tanaman ini. Dengan diekstrak, senyawa-senyawa yang tidak baik atau tidak diperlukan oleh tubuh dapat dihilangkan. Sehingga Anda bisa mendapatkan senyawa yang diperlukannya saja. Saat ini, KALBE sudah memproduksi suplemen kesehatan yang mengandung jamur cordyceps dalam H2 Cordyceps Militaris. Jamur cordyceps diproses secara alami dengan metode kultur jaringan sehingga semua kebaikan serta kualitas jamur tetap terjaga. Anda bisa mendapatkan manfaat jamur cordyceps dengan mudah melalui H2 Cordyceps Militaris dengan klik di sini.

 

manfaat jamur cordyceps dari H2 Cordyceps Militaris

 

3. Jamur kuping

Jamur yang satu ini memiliki ciri-ciri bentuk yang lebar dan dominan berwarna cokelat. Jamur yang bernama auricularia sp disebut sebagai jamur kuping karena bentuknya yang menyerupai daun telinga. Jamur ini biasanya diolah sebagai bahan isian sup atau masakan lainnya. Jamur kuping memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan. Maka jamur kuping baik untuk mengurangi gejala wasir. Selain itu jamur kuping rendah kalori sehingga baik untuk orang yang menjalankan program diet.

 

4. Jamur kancing

Agaricus bisporus atau jamur kancing juga termasuk sebagai jamur yang banyak diolah menjadi makanan. Maka tidak heran jamur ini juga mudah ditemukan di pasaran. Jamur kancing memiliki kandungan yang baik untuk pencernaan, mencegah kanker payudara, dan baik untuk kesehatan prostat. Anda bisa menggunakan jamur kancing sebagai campuran sayur atau topping pada mie.

 

5. Jamur shiitake

 

5 jenis jamur yang baik untuk kesehatan

 

Saat membaca namanya, tentu Anda berpikir bahwa jamur yang satu ini berasal dari Negara Jepang. Ternyata jamur yang satu ini banyak ditemukan pada daerah pegunungan di Asia Tenggara, termasuk pada negara Tiongkok dan Korea. Walaupun begitu, jamur shiitake atau lentinula edodes memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, melawan tumor, meningkatkan fungsi otak serta kekebalan tubuh. Jamur shiitake juga kaya akan serat serta mengandung selenium yang baik untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat membuat tumis jamur shiitake atau diolah dengan bumbu pedas manis.

 

Itulah 5 jenis jamur yang dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Tetapi ingat, Anda juga harus menjaga kesehatan dengan melakukan kebiasaan hidup sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi lainnya. Dan pastinya, jangan lupakan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun selama pandemi covid-19.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/food/diet/nur-mar-a-siregar/jamur-yang-aman-dikonsumsi-c1c2/5