5 Hal yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh


5 Hal yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

5 Hal yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Indonesia termasuk negara tropis yang memiliki dua musim, yakni musim kemarau dan musim penghujan. Namun, beberapa tahun terakhir ini, batas antara kedua musim tersebut semakin samar. Jika sebelumnya diketahui bahwa musim kemarau berlangsung dari bulan April-September, dan musim hujan berlangsung dari bulan Oktober-Maret, kini kita semakin sulit memprediksi kapan berlangsungnya kedua musim tersebut.

 

Selain mempengaruhi pola kehidupan secara umum, pengaruh terbesar dari anomali musim ini sebenarnya dirasakan oleh raga dan sistem kekebalan tubuh Anda sendiri. Biasanya, masa-masa pergantian musim, atau yang dikenal sebagai masa pancaroba, merupakan “musimnya sakit”, di mana banyak orang tumbang akibat serangan batuk-pilek, flu, demam, masuk angin, dan lainnya.

 

Memang, masa pancaroba yang biasanya diwarnai dengan tingginya frekuensi badai, hujan deras, guruh, dan angin kencang ini dikenal sebagai pelemah sistem kekebalan tubuh. Namun, masih ada beberapa hal lainnya, yang mungkin tidak Anda sadari, yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda juga. Simak 5 diantaranya berikut ini.

 

  • Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman manis

Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengkonsumsi 100 gram gula secara signifikan menggerus kemampuan sel-sel darah putih untuk membunuh bakteri selama 5 jam setelahnya. Berpikir tidak akan mengkonsumsi gula sebanyak itu? Sebenarnya, jumlah tersebut setara dengan tiga kaleng minuman bersoda saja. Jadi, jika tidak ingin sistem kekebalan tubuh Anda melemah, ayo mulai mengurangi asupan minuman bersoda, atau minuman dan makanan manis lainnya.

 

  • Kurang asupan cairan

Anda mungkin sering mendengar anjuran dari dokter atau orangtua Anda untuk sering minum, terutama bila tubuh sedang tidak fit. Mereka tidak hanya sekedar menyarankan, namun memang selama sistem kekebalan tubuh melemah, Anda butuh banyak cairan untuk dapat mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh, dan ya, kopi dan teh juga bisa dianggap sebagai salah satu sumber cairan, meskipun air mineral tetap menjadi pilihan yang lebih baik. Perkara seberapa banyak cairan yang harus Anda asup per hari, sebenarnya sangat tergantung dari masing-masing individu. Indikator Anda sudah mencukupi kebutuhan cairan adalah apabila warna urin atau air kemih Anda adalah kuning pucat. Jika urin Anda berwarna kuning kecoklatan atau kuning gelap, Anda sebaiknya meningkatkan asupan cairan per hari.

 

  • Kelebihan berat badan

Berat badan berlebih dapat menimbulkan pengaruh negatif bagi jantung, otak, dan organ tubuh lainnya. Anda mungkin sudah mengetahui dan menyadari hal itu. Namun, apakah Anda juga mengetahui bahwa kelebihan berat badan ikut mempengaruhi sistem kekebalan tubuh? Anda mungkin masih ingat saat epidemi flu burung tengah merebak. Ternyata, setelah diteliti, penderita flu burung yang mengalami serangan paling parah memiliki beberapa karakteristik yang sama, yakni indeks massa tubuh di atas 40, atau termasuk kategori sangat obesitas. Mengapa kelebihan berat badan bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh? Sebab, berat badan berlebih bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, dan peradangan yang melemahkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi infeksi.

 

  • Stress berat

Bukan tanpa alasan jika Anda sering mengalami flu berat setelah lembur mengerjakan pekerjaan kantor yang bikin stress. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di American Psychological Association, stress dalam jangka panjang akan melemahkan respons dari sistem imun Anda. Tambahan lainnya, seperti yang disampaikan oleh Philip Tierno dari New York University, yang juga sudah menerbitkan buku The Secret Life of Germs: What They Are, Why We Need Them, and How We Can Protect Ourselves Against Them, jika Anda mengalami stress di saat terserang flu, maka kemungkinan besar gejala yang akan Anda rasakan akan memburuk. Jadi, ayo lakukan manajemen stress yang baik.

 

  • Flu yang tak kunjung reda

Ini menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Rata-rata orang dewasa mengalami 1-3 episode flu setiap musimnya, yang umumnya berlangsung antara 3-4 hari. Jika flu Anda tidak kunjung mereda, atau jika Anda terus-menerus terserang flu, maka kemungkinan sistem kekebalan tubuh Anda lemah. Perbanyaklah istirahat, olahraga secara teratur, dan atur pola makan Anda dengan memperbanyak asupan sayur mayor dan berbagai makanan yang bertugas melecutkan sistem kekebalan tubuh Anda akan sangat membantu.

 

Ayo, kalahkan serangan flu dan berbagai penyakit lainnya di musim sakit ini dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

 

 

Salam,

KALBE Store