5 Daftar Gizi Penting Berpuasa Selama Covid


5 Daftar Gizi Penting Berpuasa Selama Covid

5 Daftar Gizi Penting Berpuasa Selama Covid

Perayaan ibadah puasa kali ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab tahun ini, dunia tengah mengalami penyebaran covid-19. Sehingga perlu melakukan upaya khusus untuk mencegah penyebaran covid selama berpuasa.

 

penuhi kebutuhan gizi yang penting untuk mendukung ibadah puasa di masa covid

 

Salah satu pencegahan covid-19 sendiri adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Maka Anda perlu mengonsumsi variasi makanan yang memiliki kandungan nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh. Sebab menurut Guru Besar Pangan dan Gizi IPB Ali Khomsan, kekebalan tubuh dibangun oleh suatu sistem di mana asupan makanan yang menjadi pendukung utamanya. Ada 5 gizi penting yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Berikut, daftar gizi yang dapat membantu daya tahan tubuh Anda selama berpuasa di tengah pandemi corona.

 

1. Vitamin C

Vitamin C memang sudah dikenal kemampuannya untuk menjaga daya tahan tubuh. Sebab vitamin C mendukung fungsi epitel terhadap patogen dan meningkatkan aktivitas oksidan kulit sehingga berpotensi untuk melindungi sel terhadap stress oksidatif. Untuk mendapatkan vitamin C, Anda dapat mengonsumsi buah jeruk, stroberi, jambu biji, dan masih banyak lagi. Sedangkan dari sayur, vitamin C terdapat pada paprika merah dan hijau, kangkung, brokoli, kembang kol, dan kubis. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C  melalui suplemen & vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

2. Vitamin A

Mungkin selama ini pengetahuan mengenai manfaat vitamin A hanya terbatas untuk kesehatan mata saja. Padahal menurut Journal of Clinical Medicine, vitamin yang satu ini juga bersifat anti-inflamasi. Sehingga vitamin A penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dengan mengonsumsi minyak ikan, hati sapi serta ayam, wortel, bayam, hingga suplemen yang mengandung vitamin A.

 

3. Vitamin E

Selain untuk kesehatan kulit, ternyata vitamin E juga berperan penting bagi sistem imun tubuh manusia. Vitamin E merupakan sumber antioksidan yang potensial. Sehingga vitamin E mampu membantu sistem imun melawan infeksi memperlebar pembuluh darah yang mencegah pembekuan darah akibat infeksi. Antioksidan juga dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat dari vitamin E dengan mengonsumsi taoge, kuaci atau biji bunga matahari, kacang almond, bayam, dan lobak hijau. Atau Anda dapat mengonsumsi suplemen Blackmores Natural E 250 IU dengan sumber alami vitamin E yang bisa didapatkan dengan mudah di sini.

 

penuhin kebutuhan vitamin E dengan Blackmores Natural E 250iu

 

4. Protein

Protein termasuk sebagai makronutrien atau zat makanan yang dibutuhkan tubuh dalam kadar yang besar. Protein sendiri memiliki peran yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh untuk melawan infeksi virus dan bakteri. Maka antibodi tubuh Anda bergantung pada protein. Sehingga jika kekurangan protein Anda akan merasa lelah hingga daya tahan tubuh menurun. Protein juga merupakan zat yang tidak disimpan dalam tubuh, maka kebutuhannya perlu dicukupi setiap hari. Dapatkan protein dengan mengonsumsi daging ayam, daging sapi, ikan kembung, udang, kerang, susu full cream, dan telur bebek. Jadikan makanan yang mengandung protein sebagai salah satu menu untuk sahur dan berbuka.

 

5. Zink

Nutrisi terakhir yang diperlukan selama berpuasa di tengah penyebaran covid-19 adalah zink. Zink memiliki peran penting untuk kinerja daya tahan tubuh dalam membantu proses penyembuhan luka. Dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, ayam, makanan laut, gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian, Anda akan mendapatkan zink untuk melengkapi gizi selama berpuasa.

 

Nah, sudah tahu kan kebutuhan gizi apa saja yang penting untuk tubuh selama berpuasa di tengah pandemi covid? Yuk segera atur menu sahur dan buka puasa Anda dengan makanan yang mengandung 5 gizi tersebut. Kalau menginginkan gizi tersebut dalam bentuk suplemen, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di KALCare. Karena KALCare menjual suplemen makanan & vitamin dewasa terbaik online.

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200424173144-255-497077/5-gizi-penting-saat-puasa-selama-masa-pandemi-covid-19