5 Cemilan Sehat yang Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

5 Cemilan Sehat yang Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Saat hamil nafsu makan bertambah, sesekali ingin ngemil contohnya cemilan yang mengandung keju. Cemilan apa yang baik untuk ibu hamil? Apakah keju aman buat ibu hamil?

Wajar bila bumil dihantui dengan bayang-bayang tentang apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Tidak perlu khawatir, Ibu hamil tetap bisa ngemil. Hanya saja, cemilan yang dipilih haruslah baik dan sehat untuk Anda dan janin. Berikut cemilan baik untuk ibu hamil.

 

  • Salad Buah 

 

Salad adalah salah satu cemilan terbaik untuk ibu hamil. Komposisi sayur dan buah di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Sayur dan buah juga kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan seratnya juga baik untuk pencernaan. Buah-buahan yang mengandung potasium bagus untuk menjaga tekanan darah ibu hamil.  Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan buah-buahan seperti pisang, jeruk, melon, dan buah plum untuk dijadikan salad buah.

Salad buah merupakan cemilan bergizi yang berbahan dasar berbagai macam buah-buahan dengan kandungan vitamin, kalium, mangan, dan asam folat. Harus diwaspadai, sebelum mengonsumsi salad buah, pastikan buah-buahan bersih dan jika ingin menambahkan mayones ke dalamnya, sebaiknya jangan gunakan terlalu banyak karena kalori mayones cukup tinggi sehingga bisa menambah berat badan ibu hamil.

Baca juga: Tips Menaikkan Berat Badan Bagi Ibu Hamil yang Terlalu Kurus

 

  • Keju

 

Keju salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi masa kehamilan mulai dari trimester pertama hingga ketiga. Keju buat ibu hamil ini mengandung lemak baik yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu, keju diperkaya dengan protein dan vitamin yang bermanfaat untuk perkembangan janin hingga persiapan menjelang kelahiran.

Kandungan vitamin A pada keju sangat melimpah yang baik untuk tumbuh kembang janin dan ibu hamil. Saat proses pembuatan keju ditambahkan garam, sehingga makanan ini kaya akan sodium.

Jadi jangan ragu dan takut gemuk untuk menambahkan keju ke dalam menu cemilan bumil,tapi harus diingat keju-keju lunak seperti blue cheese, cemembert sebaiknya tidak Anda konsumsi.

Jika ingin cemilan yang lebih nikmat, Anda bisa mengonsumsi cheese cake. Selama tidak berlebihan, semua cemilan tersebut aman. Jangan lupa untuk makan makanan sehat seimbang. Susu hamil seperti Susu Prenagen juga dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan gizi Anda dan janin.

 

  • Kacang Almond

 

Kacang-kacangan merupakan cemilan sehat saat bumil ditrimester ketiga, karena kebutuhan asam folat saat periode ini mencapai 800µg per hari dan kacang-kacangan mengandung tinggi asam folat.

Kacang almond ini salah satunya, kaya akan protein, serat, potasium, magensium dan vitamin E. Rasanya yang gurih cocok untuk Anda yang kurang menyukai makanan manis serta lemaknya juga sehat. Namun bagi Anda yang suka makanan manis, kacang almond kini juga semakin mudah ditemukan dalam cokelat batangan.

Ibu hamil pasti takut berat badannya naik saat ingin ngemil, tetapi ternyata kacang almond dipercaya dapat menurunkan hormon ghrelin (hormon yang mengatur rasa lapar) dan bisa meningkatkan kadar hormon leptin yang dapat mencegah meningkatnya nafsu makan.

Baca juga: Ragam Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

 

  • Es Krim

 

Ibu hamil juga bisa makan es krim. Bahkan banyak dokter yang menganjurkan untuk mengonsumsinya. Es krim sendiri sangat baik untuk membantu mengatasi morning sickness. Kandungan protein di dalamnya juga baik untuk pertumbuhan janin. Namun tentu saja, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Imbangi dengan makanan sehat dan susu ibu hamil.

Beberapa ibu hamil biasanya mengalami masalah kekurangan berat badan janin, apalagi saat mendekati proses persalinan. Dokter biasanya akan menganjurkan untuk konsumsi es krim secara rutin, karena es krim bisa memenuhi kebutuhan kebutuhan gizi selama kehamilan. Dalam 1 kali makan 100 gram es krim mengandung kalori 207 kkal dengan 16 gr gula.

 

  • Yogurt

 

Ternyata yoghurt mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi janin saat Anda hamil. Selain itu, yoghurt mengandung prebiotik yang merupakan bakteri baik, agar pencernaan lancar selama hamil.

Pada trimester ketiga ibu hamil dapat mengonsumsi yogurt untuk mencukupi kebutuhan protein karena mengalami peningkatan harian sekitar 26 gram. Protein pada yogurt adalah untuk menjaga jaringan tubuh ibu hamil dan perkembangan janin.

Anda dapat membuat berbagai cemilan dengan menggunakan yogurt seperti yoghurt plain yang dicampuran  kacang almond, kismis, dan buah segar. Yoghurt juga bisa dijadikan sebagai campuran smoothies buah atau sayuran. Caranya dengan campurkan yoghurt dengan buah apel, atau sayuran seperti bayam dan seledri lalu diblender.

Baca juga: Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil

Selain cemilan, selama hamil Anda juga harus mencukupi nutrisi yang lainnya dari makanan berat, jika merasa kurang cukup Anda bisa konsumsi susu prenagen mommy.

Susu Prenagen mengandung vitamin B6 dan protein yang dapat mengurangi rasa mual di trimester awal kehamilan pada umumnya.  Untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan janin dalam kandungan susu Prenagen juga dilengkapi zat besi, mineral, vitamin, asam folat dan kalsium.

Nutrisi lengkap bagi Ibu dan janin yang kaya akan kandungan nutrisi seperti Asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf , kalsium, fosfor, magnesium yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi, Vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium dan sebagainya. Produk susu ini terdiri dari banyak varian rasa misalnya seperti coklat, vanilla, strawberry, kacang hijau, dan moka.

Jangan lewatkan berbagai informasi dan promo menarik khusus produk Prenagen melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward, serta informasi kesehatan terkini melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare.

 

Salam,

KALCare

(DD)

 

Sumber:

  • Medicine Net. Diakses pada 10 agustus 2021. 15 Pregnancy Power Foods (Superfoods).
  • Healthline. Diakses pada 10 Agustus 2021. Supplements During Pregnancy: What’s Safe and What’s Not.
  • Web Md. Diakses pada 10 Agustus 2021. Smart Snacks When You’re Pregnant.