5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak


5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Si kecil tidak mau makan dan hanya ingin bermain atau makan camilan saja. Hal seperti ini tentu akan menjadi masalah jika tidak diatasi secepatnya. Meski demikian, orang tua tidak bisa memaksa anak untuk melakukan segalanya. Bahkan untuk urusan makan sekalipun, orang tua tidak bisa memaksanya. Mengenali penyebab kenapa si kecil tidak mau makan akan sangat membantu dalam menemukan solusi permasalahan ini. Nafsu makan anak adalah salah satu penyebabnya. Namun dengan tips berikut ini, nafsu makan si kecil akan tumbuh kembali.

 

Buat Tampilan Makanan Terlihat Lebih Menarik

Daripada menyusun makanan ala kadarnya, buatlah agar tampilan makanan tersebut menggoda selera. Sajikan makanan dalam warna-warna yang menarik. Anda bisa mengkombinasikan beberapa sayur dengan aneka warna yang berbeda untuk itu.

 

Aroma Makanan yang Menggugah Selera

Salah satu cara efektif untuk memikat nafsu makan anak adalah dengan aroma. Olah makanan dan buat agar makanan tersebut memiliki aroma yang menggugah selera makan. Salah satunya adalah dengan menyajikan makanan yang baru selesai dimasak. Makanan yang baru matang biasanya memiliki aroma paling sedap. Dengan cara ini, si kecil pasti akan tertarik untuk mencoba makanannya.

 

Sajikan Makanan dengan Porsi Kecil

Makanan dengan porsi besar ternyata dapat menurunkan nafsu makan anak. Daripada langsung menyajikan porsi besar seperti ini, cobalah untuk menyajikan makanan dalam porsi kecil. Agar si kecil tetap mendapatkan asupan nutrisi yang mencukupi, tambah intensitas makannya jadi lebih sering.

 

Batasi Minum Sambil Makan

Terkadang ada beberapa anak yang minum sambil makan. Padahal, hal tersebut bisa mengurangi nafsu makannya. Sebagai orang tua, batasi hal tersebut. Bahkan usahakan agar si kecil minum hanya setelah ia selesai makan.

 

Ajak Si Kecil Untuk Menyiapkan Makanan

Mengajak si kecil menyiapkan makanan sangat membantu orang tua untuk mengetahui makanan apa yang disukai si kecil. Selain itu, aktivitas ini juga dapat meningkatkan nafsu makan anak dan mampu mendekatkan orang tua dengan anak.

 

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi selama masa pertumbuhannya, orang tua bisa menambahkan susu formula ke dalam menu makanan si kecil. Susu Morinaga Chil-Kid adalah salah satu contoh yang baik untuk itu. Selain kaya akan nutrisi, susu Morinaga juga tersedia dalam berbagai varian rasa dan usia yang cocok untuk tumbuh kembang si kecil.

 

 

 

Salam,

KALBE Store