5 Cara Jaga Kesehatan Anak Selama Banjir

5 Cara Jaga Kesehatan Anak Selama Banjir

Walaupun intensitas hujan di Indonesia belum terlalu tinggi, beberapa daerah sudah mengalami dampak bencana banjir. Hal ini tentu mengkhawatirkan. Mengingat saat ini wabah covid-19 masih juga terjadi di Tanah Air. Untuk itu, Anda perlu tahu cara menjaga kesehatan Si Kecil, jika rumah Anda terendam banjir.

 

Upaya menjaga kesehatan anak selama banjir

 

ketahui cara menjaga kesehatan anak selama banjir

 

Memang selama banjir, Anda akan disibukkan dengan bermacam hal. Mulai dari memindahkan barang agar tidak terendam air, menjaga kebersihan, hingga kesehatan anggota keluarga selama banjir. Nah, berikut ini KALCare akan memberikan cara menjaga kesehatan Si Kecil selama banjir melanda.

1. Mengajari anak menjaga kebersihan saat banjir

Selama banjir, Anda perlu memberitahu anak bahwa terdapat bahaya penyakit saat banjir terjadi. Sebab air yang tergenang dapat mengandung bakteri, kuman, atau virus yang membahayakan bagi tubuh. Untuk itu, Anda perlu melarang anak tidak bermain air genangan banjir. Selain itu, bila terkena air genangan banjir, ajak anak untuk mencuci kaki, tangan, atau mandi dengan air bersih dan sabun.

 

2. Mengonsumsi makanan dan minuman higienis serta bergizi

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan anak selama banjir adalah dengan memberikan makanan dan minuman yang higienis. Sebab makan dan minuman yang tidak higienis dapat menyebabkan diare pada saat banjir. Selain itu, Anda perlu memastikan anak mengonsumsi makanan bergizi serta perbanyak minum air putih. Hindari mengonsumsi minuman jenis lain karena dapat menjaga asam lambung tetap seimbang.

 

3. Mengenakan pakaian pelindung

Ketika banjir, anak-anak kerap kali menganggap banjir sebagai kesempatan untuk bermain air. Padahal seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, air genangan banjir mengandung bakteri, virus, dan kuman. Anda perlu melindungi anggota tubuh anak dengan mengenakan pakaian yang tidak tembus air. Seperti jas hujan, sarung tangan, hingga sepatu boots jika anak terpaksa terjun ke dalam air banjir.

 

Segera ganti baju anak jika basah karena bermain hujan atau genangan banjir. Hal ini dapat mencegah anak mengalami flu atau hipotermia. Selain itu, air genangan banjir yang terkontaminasi urine tikus dapat menyebabkan penyakit leptospirosis atau penyakit kencing tikus. Penyakit ini dapat menular melalui luka yang terbuka. Maka Anda perlu menutup luka yang terdapat pada tubuh Si Kecil serta menjaga agar tidak terkena genangan air banjir.

 

4. Istirahat yang cukup

Walaupun keadaan rumah akan sedikit berantakan serta aktivitas terganggu saat banjir, pastikan istirahat Si Kecil tercukupi. Pastikan anak dapat beristirahat pada tempat yang kering, aman, dan nyaman agar kualitas tidurnya terjaga. Jika tidak tersedia, Anda perlu segera membersihkan ruangan tertentu di rumah agar bisa menjadi kamar untuk tidur anak.

 

5. Menyiapkan obat dan suplemen

Tidak hanya bakteri, kuman, dan virus, air genangan banjir juga dapat membawa benda-benda yang berbahaya. Misalnya seperti paku, serpihan kayu, atau bahkan pecahan kaca. Untuk itu Anda perlu menyiapkan obat pertolongan pertama seperti alkohol, obat merah, dan kain kasa. Siapkan juga obat-obatan untuk mengatasi risiko penyakit yang terjadi saat banjir dan musim hujan seperti obat demam, batuk, dan pilek. Anda juga bisa memberikan suplemen kesehatan untuk mendukung kesehatan Si Kecil seperti Blackmores Kids Body Shield. Blackmores Kids Body Shield merupakan suplemen multivitamin yang mengandung Zinc untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar anak terhindar dari flu, batuk, pilek, dan alergi.

 

jaga kesehatan anak selama banjir dengan Blackmores Kids Body Shield

 

Itulah lima cara menjaga kesehatan Si Kecil selama banjir. Jangan lupa, untuk mendapatkan Blackmores Kids Body Shield dengan mudah, Anda cukup beli di sini saja. Dapatkan juga berbagai suplemen kesehatan lainnya dari Blackmores dengan promo spesial hanya di KALCare E-Store.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://womantalk.com/health/articles/7-cara-menjaga-kesehatan-anak-dan-keluarga-saat-banjir-yBVJv