5 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Corona

5 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Corona

Sampai dengan saat ini, sudah sebanyak 896 ribu kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri terdapat 1.790 temuan kasus corona. Untuk itu, perlu sekali tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mencegah penyebaran coronavirus.

 

Organisasi Kesehatan Dunia, atau WHO pun merilis informasi untuk mencegah penyebaran virus corona. Ada 5 kunci utama yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari Covid-19. Nah, berikut cara-cara yang bisa Anda terapkan.

 

1. Kebersihan tangan

 

Menurut WHO, tangan merupakan organ tubuh yang paling rawan dan pertama kali memiliki risiko menempelnya kuman, bakteri, dan virus. Sebab tangan, terutama telapak tangan banyak sekali digunakan untuk menyentuh. Baik itu menyentuh barang, orang lain, atau bahkan hewan.

 

 

 

cegah penyebaran covid-19 dengan mencuci tangan

 

 

 

Untuk itu Anda perlu memperbanyak frekuensi mencuci tangan selama masa penyebaran Covid-19. Gunakanlah air bersih yang mengalir serta sabun. Basuh seluruh bagian pergelangan tangan mulai dari telapak tangan, punggung, sela-sela jari, hingga bagian di bawah kuku. Atau Anda bisa membersihkan tangan menggunakan alkohol dengan kadar yang dianjurkan agar efektif membunuh kuman, virus, dan bakteri.

 

2. Etika batuk yang benar

 

Selama masa penyebaran covid-19, Anda perlu memperhatikan etika batuk dan bersin yang benar. Sebab virus corona menyebar melalui droplet atau partikel air yang liur yang keluar saat batuk dan bersin. Maka Anda perlu menggunakan siku atau tisu saat batuk atau bersin. Usahakan semua bagian mulut dan hidung tertutup dengan rapat. Sesudah itu, segeralah mencuci tangan dan membuang tisu bekas yang telah digunakan agar virus tidak menyebar kemana-mana. Dengan begitu, Anda telah membantu orang lain untuk tidak terkena virus, baik itu batuk, flu, atau corona.

 

3. Hindari menyentuh wajah

 

Langkah selanjutnya untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan tidak menyentuh wajah, terutama mata, hidung, dan mulut. Sebab seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tangan banyak menyentuh permukaan benda sehingga mempercepat proses perpindahan virus. Mata, hidung, dan mulut merupakan bagian tubuh yang paling rentan sehingga bakteri, virus, atau kuman dapat masuk ke dalam tubuh dengan mudah. Akibatnya Anda akan mudah terkena penyakit.

 

4. Perhatikan jarak dengan orang lain

 

 

 

social distancing dapat menghindari Anda terkena droplet saat melakukan interaksi sosial

 

 

Dalam melakukan interaksi sosial dengan orang lain, Anda perlu memperhatikan jarak. Buatlah jarak dengan orang lain kira-kira satu meter. Dengan melakukan ini, Anda dapat menghindari penularan covid-19 melalui droplet atau partikel air liur. Social distancing ini sangat perlu Anda lakukan saat melakukan interaksi dengan orang lain yang tidak serumah. Sebab Anda tidak mengetahui dengan pasti kondisi kesehatan orang lain tersebut.

 

5. Perhatikan gejala dengan benar

 

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan untuk mencegah penularan corona adalah dengan memperhatikan kondisi kesehatan tubuh. Jika Anda merasa tidak enak badan, sebaiknya tetap berdiam diri di dalam rumah. Melakukan isolasi diri ini memiliki dua tujuan utama. Yaitu untuk menjaga agar orang lain tidak tertular covid-19 jika Anda memang terinfeksi. Kedua untuk menghindari penularan covid-19 dari orang lain karena pada saat sakit, tubuh menjadi rentan terhadap virus.

 

Jika Anda mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, sebaiknya langsung mengunjungi layanan kesehatan terdekat. Anda juga perlu mengikuti informasi terkini dari otoritas kesehatan setempat untuk mendapatkan pemberitaan terkini yang resmi. Sebab informasi ini akan membantu Anda untuk mencegah penyebaran virus corona agar tidak meluas.

 

Itulah 5 cara mencegah penularan covid-19 menurut WHO yang sebaiknya Anda terapkan. Sebab pemerintah Indonesia sendiri juga menghimbau untuk melakukan hal-hal yang sama dengan yang telah disebutkan di atas. Mari kita menjaga diri sendiri dan sesama dari penyebaran virus corona. Jika perlu, konsumsi suplemen kesehatan Elanos untuk memperbaiki sistem imun Anda. Tersedia juga varian sirup untuk anak. Anda bisa mendapatkan Elanos dengan mudah di sini.

 

 

 

tingkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi suplemen elanos

 

Yuk beli suplemen & vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh di KALBE Store. Sebab KALBE Store menjual suplemen makanan & vitamin dewasa terbaik online. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mendapatkan suplemen daya tahan tubuh dalam mencegah penyebaran covid-19.

 

Salam,

KALCare

 

 

 

Sumber:

https://www.who.int/news-room/detail/23-03-2020-pass-the-message-five-steps-to-kicking-out-coronavirus