5 Cara Anti Gagal Menjalankan Resolusi Tahun Baru


5 Cara Anti Gagal Menjalankan Resolusi Tahun Baru

5 Cara Anti Gagal Menjalankan Resolusi Tahun Baru

Memasuki tahun baru, biasanya dianggap oleh banyak orang sebagai hal yang baik untuk memulai resolusi yang baru. Dengan begitu, diharapkan pada tahun depan, Anda menjadi individu yang lebih baik dan dapat mencapai rencana kehidupan yang diinginkan. Menjalankan resolusi tahun baru memang harus diiringi dengan niat dari dalam diri Anda sendiri untuk mewujudkannya. Supaya resolusi yang telah Anda buat tidak menjadi sia-sia, atau bahkan harus diundur pada tahun depan.

 

Nah Fams, pada tahun 2021 ini kira-kira apa saja ya daftar resolusi Anda? Untuk mengupayakan resolusi Anda berjalan sesuai rencana, ternyata terdapat tips and tricksnya lho! Berikut ini KALCare akan memberikan 5 cara anti gagal menjalankan resolusi tahun baru 2021.

 

cara mudah menjalankan resolusi di tahun baru

 

1. Mulai dari hal yang kecil

Dalam membuat resolusi, Anda tidak harus membuat sebuah rencana perubahan yang besar. Cukup lakukan dari hal-hal kecil yang dapat mendukung Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Misalnya jika Anda termasuk pribadi yang boros, tahun depan mulailah untuk menyisihkan uang untuk menabung. Sebagai permulaan, Anda bisa mulai menabung 10-20% dari gaji Anda setiap bulannya. Tentunya persentase menabung harus diperhitungkan dengan keperluan primer Anda ya. Jika Anda mendapatkan bonus, tambah persentase nominal menabung. Lalu pada tahun depan, naikkan persentase menabung Anda lebih daripada tahun ini. Dengan begitu, Anda sudah belajar untuk berhemat, sekaligus menyiapkan keuangan di masa depan.

 

2. Buat secara spesifik

Membuat resolusi tahun baru tidak boleh sembarangan ya Fams! Bahkan Anda harus membuatnya secara spesifik agar semakin mudah dan efektif untuk dijalankan. Misalnya jika Anda ingin menurunkan berat badan, buatlah target berapa banyak berat badan yang ingin Anda turunkan serta jangka waktu untuk mencapainya. Lalu buatlah jadwal menu makan harian Anda, dan menuliskan makanan yang perlu Anda hindari untuk menurunkan berat badan. Anda juga bisa menambahkan aktivitas lainnya yang dapat mendukung program penurunan berat badan Anda seperti membuat jadwal latihan olahraga. Pengaturan yang mendetail ini tentu dapat membantu Anda untuk merubah pola hidup yang konsisten dan diharapkan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

 

3. Dibatasi oleh waktu

Biasanya list resolusi tahun baru seseorang tidak hanya satu saja. Tetapi memang tidak disarankan untuk terlalu banyak membuat resolusi tahun baru agar Anda dapat menjalankan semua perencanaan tersebut. Dari resolusi yang telah dibuat, batasi dengan waktu atau durasi tertentu. Dengan begitu membuat diri Anda lebih tertib dalam menjalankan berbagai resolusi yang telah direncanakan. Anda dapat membuat resolusi tahun baru jangka menengah seperti 2-3 bulan dan jangka panjang dalam setahun.

 

4. Diskusi dan lakukan dengan kerabat

Dalam membuat resolusi pribadi, bukan berarti Anda tidak membutuhkan bantuan orang lain untuk mewujudkannya. Ceritakanlah perencanaan resolusi Anda dengan orang-orang yang menurut Anda dapat terlibat untuk perubahan hidup di tahun baru. Tujuannya agar ada orang lain yang membantu dan memberi Anda semangat dalam menjalankan resolusi. Anda juga dapat berdiskusi dengan teman atau kerabat dengan resolusi yang sama. Dalam sebuah penelitian, terdapat bahwa dalam mewujudkan resolusi bersama orang lain akan terasa lebih mudah karena bisa saling mengingatkan dan mendukung satu sama lain.

 

5. Tetap semangat

Cara terakhir dalam menjalankan resolusi adalah tetap semangat. Sebab tidak mudah untuk menjalankan kebiasaan baru dalam kehidupan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam proses menjalankan resolusi, tentu Anda akan mengalami berbagai tantangan dan masalah. Hal ini normal, jadi Anda tidak perlu langsung menyerah dalam melanjutkan atau menyelesaikan resolusi tahun baru. Pada kondisi inilah Anda harus tetap semangat dan bangkit untuk kembali menjalankan resolusi. Yakinkan pada diri dan berikan semangat agar Anda tetap dapat mencapai target yang diinginkan walaupun sempat mengalami kegagalan.

 

Itulah 5 cara agar sukses menjalankan resolusi tahun baru. Yuk, mulai buat daftar resolusi Anda hari ini. Sambil membuat daftar resolusi, Anda bisa menikmati camilan sehat Fitbar agar tidak bosan. Terdapat 4 varian rasa enak yang bisa Anda pilih di sini. Semangat membuat resolusi tahun baru ya Fams!

 

buat resolusi tahun baru dengan ditemani camilan Fitbar

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.orami.co.id/magazine/7-cara-agar-sukses-menjalankan-resolusi-tahun-baru/

https://www.sehatq.com/artikel/tips-antigagal-membuat-resolusi-tahun-baru-2020