5 Camilan yang Mendukung Kesehatan Si Kecil

5 Camilan yang Mendukung Kesehatan Si Kecil

Untuk mendukung tumbuh kembang buah hati, tentu diperlukan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Pada awal kehidupan ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk Si Kecil. Tetapi seiring bertambahnya usia, Si Kecil pun mulai belajar untuk mengenal makanan lain yang biasa disebut dengan MPASI atau makanan pendukung ASI. Rata-rata anak mulai diberikan MPASI pada usia 6 bulan.

 

Camilan bagi Si Kecil

 

Badan Kesehatan Dunia atau WHO juga menyebutkan bahwa pada usia 6 bulan, Si Kecil sudah dapat diberikan camilan setiap harinya. Sebab camilan memiliki manfaat berikut untuk Si Kecil :

  1. Melatih oral motorik seperti fungsi bibir, rahang, dan mulut serta membantu buah hati mengeksplorasi rasa makanan.
  2. Menstimulasi gerak motorik halus seperti seperti meraih, menggenggam, mengambil, memindahkan benda dari tangan yang satu ke tangan yang lain, dan mengeksplorasi bentuk makanan.
  3. Menambah kecukupan nutrisi harian untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati.
  4. Melatih self-feeding skill.
  5. Membuat perut anak menjadi kenyang sehingga tidak rewel dan lebih aktif dalam beraktivitas atau bermain.

 

Tips memilih camilan sehat

 

Untuk memilih camilan yang hendak dikonsumsi Si Kecil, orang tua harus memperhatikan potongan camilan, tekstur, dan nutrisi camilan. Pilihlah camilan dengan potongan yang pas dipegang oleh buah hati. Selain itu tekstur camilan lembut dan empuk, serta mudah lumer saat dimasukan ke dalam mulut. Pastikan Anda mencari camilan sehat bagi Si Kecil dengan referensi sebagai berikut:

 

1. Brokoli

 

 

 

pilihan camilan sehat untuk Si Kecil

 

 

 

Sayuran yang satu ini termasuk sebagai makanan yang dapat dikonsumsi sebagai camilan Si Kecil. Brokoli mengandung asam folat, kalsium, vitamin A, C, dan E yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit dan mencegah kanker. Untuk penyajiannya, Anda perlu mengukus brokoli agar teksturnya menjadi lembek sehingga mudah dikonsumsi Si Kecil. Kemudian potong bentuk memanjang untuk mudah dipegang oleh Si Kecil.

 

2. Wortel

 

Wortel yang dikukus juga dapat menjadi pilihan camilan sehat Si Kecil. Atau Anda juga bisa membuat menjadi puree. Wortel mengandung beta karoten yang mendukung perkembangan dan penglihatan bayi. Selain itu, wortel yang dikonsumsi secara teratur memberikan manfaat untuk kesehatan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menyehatkan jantung dan kulit.

 

3. Alpukat

 

Buah alpukat dikenal dengan kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk perkembangan otak Si Kecil. Belum lagi dengan kandungan lemak omega 3 yang juga mendukung kemampuan otak. Kandungan protein dalam alpukat juga mendukung bayi untuk tetap sehat dan mengurangi risiko peradangan. Anda dapat menyajikan potongan alpukat yang sudah matang atau dalam bentuk puree sebagai camilan untuk anak.

 

4. Pisang

 

Buah yang identik dengan warna kuning ini termasuk baik untuk dijadikan camilan sehat Si Kecil. Buah pisang mengandung serat yang tinggi sehingga mampu mencegah terjadinya sembelit. Pisang juga membantu dalam membentuk kekuatan tulang dan memberikan energi untuk mendukung aktivitas anak. Pilih pisang yang sudah matang sebagai camilan anak. Bisa disajikan dengan cara memotong kecil-kecil atau dihaluskan menjadi puree.

 

5. Milna Nature Puff Organik

 

 

 

Milna NAture Puff Organik camilan baru untuk Si Kecil

 

 

 

Milna Nature Puff Organik adalah inovasi camilan terbaru dari produk Milna. Dengan bentuk yang unik dan tekstur yang mudah lumer, Milna Nature Puff Organik dapat membantu perkembangan fungsi oral dan stimulasi Si Kecil. Milna Nature Puff Organik memiliki 3 varian rasa yaitu Apple & Mix Berries, Banana, dan Cheese. Anda bisa mendapatkan Milna Nature Puff Organik dengan mudah di sini.

 

Yuk berikan camilan pada Si Kecil setelah sarapan dan makan siang. Pastikan anak mengonsumsi camilan 3 jam setelah mengomsumsi makanan utama. Jangan lupa untuk menemukan MPASI instan & makanan anak berkualitas di KALBE Store. Karena KALBE Store menjual makanan anak, camilan sehat untuk anak terbaik online.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

 

 

Sumber:

https://www.popmama.com/baby/7-12-months/fx-dimas-prasetyo/cemilan-yang-mendukung-bayi-tumbuh-sehat/full