5 Camilan untuk Tingkatkan Kualitas ASI


5 Camilan untuk Tingkatkan Kualitas ASI

5 Camilan untuk Tingkatkan Kualitas ASI

Nutrisi yang tepat dan seimbang sangat diperlukan oleh ibu menyusui. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI yang baik bagi si buah hati. Selain makanan utama dan minum susu Lovamil, ibu juga dapat meningkatkan kualitas ASI melalui berbagai jenis camilan. Berikut ini KALCare akan memberikan 5 daftar camilan terbaik yang bisa ibu menyusui konsumsi agar meningkatkan kualitas ASI.

 

1. Buah-buahan

Buah merupakan daftar pertama camilan yang sehat bagi ibu, mulai dari mengandung hingga menyusui. Beberapa pilihan buah yang bisa ibu jadikan camilan seperti buah pir, pisang, beri, wortel, dan jeruk. Untuk mengonsumsinya, ibu dapat memakan buah secara langsung atau diolah terlebih dahulu. Misalnya dengan membuat smoothie pisang yang dicampur dengan buah beri, rasberi yang dicampur dengan dark chocolate, atau potongan buah pir dengan lapisan selai kacang.

 

2. Granola

Camilan yang dapat membantu meningkatkan kualitas ASI berikutnya adalah granola. Makanan yang satu ini terbuat dari gandum ini dapat menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk proses produksi ASI dan kesehatan jantung. Apalagi biasanya granola terbuat dari gandum asli tanpa campuran. Ibu menyusui dapat memilih untuk mengonsumsi granola dalam bentuk bar atau dicampur dengan bahan lainnya. Misalnya seperti mencampurkan granola dengan greek yoghurt. Sebaiknya ibu menyusui memilih granola yang bebas gluten serta rendah gula untuk granola bar.

 

camilan granola dapat meningkatkan kualitas ASI ibu menyusui

 

3. Kacang-kacangan

Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui untuk meningkatkan kualitas ASI. beberapa di antaranya seperti kacang almond, kacang kenari, kacang mete, dan edamame. Baik kacang almond, kenari, dan mete memiliki kandungan protein, zat besi, dan lemak sehat yang baik untuk ibu menyusui. Sedangkan edamame merupakan kacang berwarna hijau dengan kandungan protein, serat, dan vitamin K. Mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan juga dapat membantu ibu merasa kenyang lebih lama. Ibu menyusui dapat mengonsumsi kacang-kacangan secara langsung sebagai camilan atau dicampur dengan buah-buahan kering untuk menambah citarasa dan nutrisi. Lalu untuk edamame yang ibu beli secara utuh, dapat direbus dalam air mendidih selama beberapa menit dengan diberi campuran sedikit garam untuk menambah rasa camilan.

 

4. Popcorn

Popcorn atau berondong jagung memang lebih dikenal sebagai camilan untuk menonton film di bioskop. Tetapi ternyata, makanan yang satu ini baik juga dijadikan sebagai camilan sehat bagi ibu menyusui. Jagung merupakan makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat tersebut baik untuk meningkatkan kualitas ASI serta dapat membuat ibu merasa kenyang lebih lama. Dalam mengonsumsi popcorn, sebaiknya ibu menyusui tidak menambahkan terlalu banyak bahan tambahan seperti mentega, karamel, gula, atau bahan perasa lainnya. Sebab bahan tambahan tersebut dapat mengurangi manfaat popcorn dan menambah kalori.

 

5. Telur rebus

Telur merupakan makanan yang menjadi sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik bagi ibu menyusui. Belum lagi kandungan asam amino esensial, vitamin, dan mineral yang terdapat dalam telur. Sebagai camilan, ibu menyusui dapat mengolah telur dengan cara direbus.

 

Itulah 5 daftar camilan sehat untuk meningkatkan kualitas ASI pada ibu menyusui. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi susu kehamilan dan menyusui Lovamil yang bisa didapatkan dengan mudah di sini. Sebab Lovamil memiliki kandungan polydextrose, protein, zat besi esensial, ekstrak daun katuk, serta 11 vitamin dan 7 mineral. Dengan begitu ibu menyusui tetap dapat menjaga nutrisi melalui empat varian rasa Lovamil yang lezat.

 

susu Lovamil untuk nutrisi ibu mulai dari kehamilan hingga menyusui

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.popmama.com/pregnancy/birth/annas/camilan-pelancar-asi-untuk-ibu-menyusui/10