5 Aktivitas Seru Keluarga Sambut Paskah di Rumah

5 Aktivitas Seru Keluarga Sambut Paskah di Rumah

Pandemi corona yang masih terjadi di Tanah Air membuat Anda terpaksa merayakan hari raya bersama keluarga hanya di rumah saja. Tidak terkecuali perayaan paskah pada tahun ini.

 

Memang dua tahun berturut-turut tidak dapat berkumpul bersama keluarga pada hari raya paskah akan membuat Anda rindu berkumpul bersama keluarga besar. Tetapi walaupun begitu, Anda tetap dapat membuat perayaan paskah tahun ini bermakna bersama Si Kecil di rumah.

 

5 aktivitas seru sambut paskah bersama Si Kecil

 

Harus tetap berada di rumah agar terhindar dari penyebaran covid-19 seharusnya tidak menyurutkan euforia paskah bagi Si Kecil. Nah, Anda bisa membuat 5 aktivitas seru ini untuk merayakan paskah di rumah bersama anak.

1. Menghias telur paskah

 

rayakan paskah di rumah dengan menghias telur paskah

 

Salah satu yang identik dengan paskah adalah telur paskah. Berdasarkan sejarah, telur paskah mulai muncul pada sekitar abad kelima hingga 15 masehi di Eropa. 

Telur dianggap sebagai simbol kehidupan kuno yang diakhiri dengan kebangkitan baru dari Isa Almasih. Pada abad ke-13, terdapat tradisi menghias telur yang dilakukan oleh umat Kristiani karena adanya larangan mengonsumsi telur pada masa Prapaskah. Orang-orang menghias telur sebagai tanda berakhirnya masa puasa, lalu mengonsumsinya.

Anda bisa menggunakan telur yang sudah direbus untuk dihias oleh anak-anak. Atau Anda juga bisa menggunakan replika telur agar dihias oleh Si Kecil.

Hias telur dengan menggunakan cat air, kertas warna, atau bahan-bahan lain yang dapat mempercantik tampilan telur paskah Si Kecil. Biarkan anak menghias telur paskahnya sendiri untuk mendukung kreativitasnya sambil diawasi oleh Anda.

 

2. Mencari telur paskah

 

berman mencari telur paskah di rumah

 

Setelah menghias telur paskah, Anda juga bisa mengajak anak mencari telur paskah di sekitar rumah. Tenang, aktivitas ini bisa Anda lakukan di rumah walaupun tidak memiliki pekarangan yang luas.

Anda bisa menyembunyikan telur paskah pada seluruh area rumah. Tetapi pastikan tempat dan area menyembunyikan telur ini aman untuk Si Kecil ya.

Buat permainan mencari telur ini lebih menarik dengan memberikan catatan petunjuk bagi anak. Atau Anda bisa menyiapkan hadiah jika Si Kecil telah berhasil menemukan semua telur yang disembunyikan di dalam rumah.

 

3. Balap telur dengan sendok

 

bermain pindahkan telur paskah dengan sendok

 

Permainan lainnya yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di rumah untuk merayakan paskah adalah balapan telur dengan sendok.

Permainan ini tidak jauh berbeda dengan balap kelereng dengan menggunakan sendok. Anak hanya perlu memindahkan telur menggunakan sendok dengan jarak yang telah ditentukan.

Tingkat kesulitan dari permainan ini juga bisa atur lho! Misalnya memindahkan telur dengan menggunakan sendok yang ujungnya diselipkan di dalam mulut. Atau Anda memberikan rintangan seperti boks pada jalur balap telur dengan menggunakan sendok.

 

4. Membuat cokelat telur paskah

 

rayakan paskah dengan membuat telur paskah

 

Aktivitas seru yang bisa Anda lakukan bersama Si Kecil untuk menyambut paskah adalah membuat makanan cokelat telur paskah. Cokelat telur paskah sendiri pertama kali diproduksi oleh JS Fry di Bristol, Inggris, pada tahun 1873.

Cokelat telur paskah pertama dihias manual menggunakan tangan. Memang pada masa tersebut, cokelat ini tergolong sebagai hadiah yang mahal dan mewah.

Selanjutnya, dekorasi telur paskah divariasi oleh Cadbury bersaudara. Bahkan mereka mengeluarkan cokelat susu batangan yang dijadikan bahan baku utama membuat cokelat telur paskah pada tahun 1905.

Untuk membuat cokelat telur paskah, Anda cukup melelehkan cokelat, lalu mengoleskannya pada cetakan cokelat telur. Biarkan bagian tengahnya kosong. Lalu satukan 2 sisi permukaan telur yang sudah kering dengan menggunakan sisa lelehan cokelat.

Anda bisa mengisi bagian tengah telur dengan permen, marshmallow, atau manisan lainnya. Lalu hias permukaan luar cokelat meses atau cokelat warna-warni agar tampilannya lebih menarik.

 

5. Berdoa bersama

 

berdoa bersama keluarga

 

Walaupun merayakan paskah masih dalam suasana pandemi, Anda harus tetap mengajarkan anak agar tetap bersyukur. Caranya dengan berdoa.

Lakukan doa bersama keluarga sebagai ungkapan syukur masih dapat merayakan paskah bersama keluarga dengan keadaan sehat. Aktivitas berdoa bersama ini juga bisa mendekatkan anggota keluarga.

Anda bisa meminta anak memimpin doa. Hal ini dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan bahasa yang disampaikan di depan orang lain.

 

Itulah 5 aktivitas seru yang bisa Anda lakukan bersama keluarga untuk menyambut hari raya paskah di rumah saja.

Ayo, tetap berikan dukungan kepada Si Kecil selama masa pandemi covid-19 dengan aktivitas seru di rumah, serta nutrisi dari Morinaga Chil Kid Platinum

 

rayakan paskah dengan memberi susu anak Chil Kid Platinum

 

Morinaga Chil Kid Platinum merupakan susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun dengan formula Moricare Zigma Triple Bifidus. Formula ini merupakan gabungan dari Faktor Kecerdasan Multitalenta, Faktor Pertahanan Tubuh Ganda, serta Faktor Tumbuh Kembang untuk dukung Generasi Platinum.

Anda bisa membeli Morinaga Chil Kid Platinum dengan mudah di KALCare E-Store. Nikmati promo menarik untuk pembelian susu anak secara daring. Dapatkan juga info parenting serta kuis berhadiah di Telegram KALCare.

 

Salam,

KALCare