5 Aktivitas Outdoor yang Aman Dilakukan Selama Pandemi

5 Aktivitas Outdoor yang Aman Dilakukan Selama Pandemi

Pandemi covid-19 yang masih terjadi di Indonesia memengaruhi aktivitas semua masyarakat. Sebab selama pandemi, ditetapkan berbagai pembatasan kesehatan sehingga aktivitas di luar ruangan banyak yang dibatalkan bahkan dilarang. Misalnya acara festival, atau konser yang dilarang untuk dilakukan atau diadakan secara virtual.

 

Terlepas dari berbagai perubahan dan aturan baru yang disebabkan oleh pandemi covid-19, sebenarnya masih ada lho kesempatan bagi Anda untuk bersenang-senang bersama keluarga. Bahkan, mencari kegiatan yang menyenangkan mungkin lebih penting mengingat sudah setahun lebih masyarakat harus menjaga kesehatan dengan tetap berada di rumah. Misalnya melakukan beberapa aktivitas outdoor yang aman saat pandemi.

 

Manfaat melakukan aktivitas di luar ruangan

aktivitas outdoor yang aman dilakukan selama pandemi covid

Melakukan aktivitas di luar ruangan mungkin melawan anjuran Pemerintah dalam menjaga agar penyebaran covid-19 tidak meluas di masyarakat. Sebab virus dapat menyebar antar individu yang melakukan kontak jarak dekat, kurang dari 2 meter. 

 

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, virus corona dapat menyebar melalui tetesan pernapasan yang keluar pada saat berbicara, batuk, bernapas, hingga bersin. Proses penyebaran virus ini dapat terjadi pada ruangan tertutup dengan ventilasi yang buruk. Sebab tetesan kecil atau aerosol yang dapat bertahan di udara selama beberapa menit hingga berjam-jam. 

 

Sedangkan jika Anda berada di luar ruangan, udara akan terus bergerak sehingga menyebarkan aerosol secara lebih luas. Ini memperkecil risiko Anda menghirup aerosol yang mengandung virus covid-19, terutama bagi Anda yang belum divaksin. 

 

Untuk melakukan aktivitas outdoor, sebenarnya tidak perlu mencari lokasi yang jauh dari rumah. Cukup temukan lokasi dan aktivitas yang menurut Anda tepat, dan jangan lupa tetap menjaga jarak dengan orang lain untuk mencegah risiko penularan. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi stress, marah, atau bahkan depresi. Apalagi aktivitas yang dilakukan pagi hari membuat tubuh Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. 

 

5 aktivitas outdoor saat pandemi

 

Nah bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas outdoor saat pandemi, berikut referensinya.

1. Berjalan atau jogging di taman umum

jogging sebagai aktivitas yang dapat dilakukan selama pandemi

Aktivitas outdoor pertama yang bisa Anda lakukan adalah berjalan atau jogging di taman umum. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan Anda. Ingat untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker saat melakukan aktivitas ini ya Fams. Oya, Anda bisa juga berjalan-jalan atau melakukan jogging mengelilingi wilayah di sekitar rumah Anda.

 

2. Bersepeda

melakukan aktivitas bersepeda di luar ruangan

Aktivitas outdoor yang satu ini memang menjadi trend terbaru di masyarakat selama pandemi covid-19. Bahkan Pemerintah membuat beberapa fasilitas khusus untuk mendukung aktivitas bersepeda di masyarakat. Namun, Anda harus memilih lokasi yang pas untuk bersepeda ya Fams! Jangan lupa juga untuk menggunakan pengaman tambahan saat bersepeda, seperti helm dan pelindung siku serta lutut. 

 

3. Memancing

aktivitas memancing aman dilakukan selama pandemi

Bagi Anda yang hobi memancing, melakukan aktivitas ini selama pandemi juga aman lho untuk dilakukan. Selain dapat menghilangkan stress selama pandemi, aktivitas memancing juga membuat Anda melatih kesabaran serta mendapatkan ikan yang dapat diolah menjadi bahan makanan keluarga. Apalagi pada saat memancing terutama di pemancingan umum, Anda akan diatur jarak antara satu sama lain untuk membagi lokasi pancingan sambil menjaga jarak agar menekan risiko penularan.

 

4. Bermain golf

bermain golf selama pandemi covid-19

Satu lagi olahraga yang menjadi trend di masyarakat selama pandemi adalah golf. Olahraga ini dapat menjadi pilihan aman karena dilakukan pada area terbuka dan luas sehingga memungkinkan pemain untuk menerapkan physical distancing. Walaupun demikian, saat bermain golf juga tetap harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan. 

 

5. Berkemah

melakukan kemah selama pandemi covid-19

Aktivitas outdoor terakhir yang cenderung aman dilakukan selama pandemi adalah berkemah. Usahakan berkemah dengan keluarga yang biasa tinggal bersama Anda untuk mengurangi risiko penularan. Tetapi jika Anda ingin berkemah dengan orang yang tidak tinggal serumah, buatlah tenda terpisah dengan jarak minimal 2 meter dan hindari berbagi perlengkapan berkemah termasuk makanan dan minuman. Jangan lupa untuk membawa peralatan kesehatan yang utama selama covid seperti sabun, hand sanitizer, dan masker. 

 

Itulah referensi 5 aktivitas outdoor saat pandemi yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Agar aktivitas di luar ruangan Anda semakin menyenangkan, seduh saja Zee Choco Boom. Zee Choco Boom merupakan satu-satunya minuman cokelat yang bernutrisi dengan rasa yang lezat dan sehat.

Tenang, minuman ini tidak hanya dapat diminum oleh anak-anak saja lho! Tetapi bisa juga dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga untuk menemani aktivitas sehari-hari. Ayo segera dapatkan Zee Choco Boom dengan mudah hanya di KALCare. 

temani aktivitas outdoor dengan zee choco boom

Nikmati promo spesial untuk pembelian minuman Zee Choco Boom di KALCare serta point reward. Atau Anda bisa membuat kreasi makanan dan minuman menggunakan Zee Choco Boom melalui artikel dan Facebook KALCare. 

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Mayoclinic.com. Safe Activities During Covid-19 https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/coronavirus/in-depth/safe-activities-during-covid19/art-20489385 diakses pada 17 Juni 2021