4 Pantangan Makanan dalam Masa Kehamilan

4 Pantangan Makanan dalam Masa Kehamilan

Masa kehamilan adalah masa yang penuh ujian. Beberapa hal yang biasanya boleh dilakukan berubah menjadi pantangan yang harus selalu dihindari. Begitu pula dengan makanan yang tadinya bebas dikonsumsi kini berubah menjadi hal yang tak hanya harus dibatasi bahkan harus dijauhi.

 

Beberapa pantangan tersebut memang hanya sebatas mitos. Namun beberapa diantaranya ada yang telah terbukti secara medis mampu mengganggu perkembangan janin. Jadi selain mengkonsumsi susu ibu hamil selama masa kehamilan, calon ibu juga harus menghindari makanan-makanan berikut ini:

 

1. Makanan Setengah Matang

Makanan yang tidak dimasak sempurna mengandung bakteri salmonella yang berbahaya bagi tubuh. Bakteri ini memang tidak begitu mengganggu mereka yang sedang berada dalam kondisi prima. Namun bagi ibu hamil, bakteri ini bisa menginfeksi sang ibu dan mengganggu pertumbuhan janin.

 

2. Tape

Hasil fermentasi singkong ini memang memiliki rasa manis dan enak dikonsumsi. Akan tetapi, makanan berfermentasi seperti tape juga memiliki kandungan alkohol yang berbahaya bagi ibu hamil. Selama hamil, usahakan untuk menghindari makanan ini. Selain tape, makanan berfermentasi lain sebaiknya juga dihindari.

 

3. Makanan Berlemak

Daging berlemak hingga gorengan sebaiknya juga dihindari. Lemak yang terlalu tinggi tak hanya berbahaya bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol saja. Ibu hamil juga sangat rentan akan gangguan kesehatan yang satu ini. Dalam kondisi terburuk, kolesterol pada ibu hamil bisa mengganggu persalinan. Itulah kenapa ibu hamil perlu membatasi konsumsi makanan berlemak. Atau lebih baik lagi, hindari konsumsi makanan berlemak.

 

4. Keju

Produk olahan susu ini memang memiliki banyak manfaat. Namun berbeda dengan susu atau susu ibu hamil, keju adalah produk hasil olahan. Kandungan susu yang ada di dalamnya sudah berubah karena proses yang terjadi. Tapi memang tidak semua keju tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Keju yang tidak boleh dikonsumsi adalah keju yang tidak melalui proses dipasteurisasi atau pemasanan susu pada suhu 60° sebelum diolah menjadi keju.

 

Untuk membantu menjaga kesehatan ibu dan janin, sangat dianjurkan untuk menambah asupan makanan sehari-hari dengan susu ibu hamil. Dengan kandungan yang ada di dalamnya, susu ibu hamil juga mampu membantu proses pertumbuhan si buah hati. Ada beberapa susu ibu hamil yang bisa dijadikan pilihan. Salah satu diantaranya adalah Prenagen Mommy.

 

 

 

Salam,

KALBE Store