4 Makanan yang Harus dihindari Penderita Diabetes


4 Makanan yang Harus dihindari Penderita Diabetes

4 Makanan yang Harus dihindari Penderita Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Angkanya bahkan terus tumbuh dan semakin mengkhawatirkan. Penyakit ini juga tak hanya menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Tak sedikit pula anak-anak yang sudah menunjukkan gejala penyakit yang satu ini. Fakta tersebut tentu sangat mengkhawatirkan.

 

Bagi Anda yang sudah terkena diabetes, menjaga pola makan adalah suatu keharusan. Mengonsumsi susu diabetes juga diperlukan. Selain itu, ada beberapa makanan yang harus dihindari. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pantangan makanan bagi penderita diabetes.

 

Makanan tinggi gula

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan yang tinggi gula. Es krim, cokelat, kue hingga berbagai minuman manis sontak harus dihindari oleh Anda yang menderita penyakit diabetes. Meski demikian, menghindari makanan yang mengandung gula memang cukup sulit. Karena itu Anda bisa menyiasatinya dengan mengurangi konsumsinya seminimal mungkin.

 

Buah mangga dan stroberi

Buah mangga dan stroberi ternyata juga memiliki andil besar dalam lonjakan gula darah. Bagi penderita diabetes, hal ini tentu bisa berdampak serius. Namun Anda tidak perlu khawatir. Masih ada beberapa buah alternatif yang bisa dijadikan pilihan. Beberapa diantaranya adalah buah apel, raspberry dan pir. Ketiga buah tersebut memiliki kandungan gula rendah serta mengandung serat yang cukup tinggi.

 

Kentang dan labu

Beberapa jenis umbi-umbian dan saturan juga bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan penderita diabetes, terlebih jika konsumsinya tidak dibatasi. Adalah kentang dan labu, dua makanan tersebut memiliki kandungan pati yang cukup tinggi. Hal ini bisa berbahaya untuk kesehatan para penderita diabetes. Karena itu, batasi konsumsi kedua makanan tersebut. Anda juga bisa menggantinya dengan sayuran jenis lain seperti wortel dan kacang-kacangan.

 

Gorengan

Makanan tinggi lemak tak hanya berbahaya bagi penderita kolesterol. Penderita diabetes juga memiliki risiko yang serupa. Jika ingin mengkonsumsi makanan yang digoreng, pastikan menggunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak olive. Meski demikian, akan jauh lebih baik lagi jika Anda mengganti makanan yang digoreng dengan makanan yang direbus, dipanggang atau dikukus.

 

Untuk menjaga kesehatan, penderita diabetes juga perlu mengkonsumsi makanan sehat. Susu diabetes seperti Diabetasol sebaiknya juga dikonsumsi secara rutin. Selain rendah gula, kandungan susu diabetes juga baik untuk kesehatan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store