4 Makanan Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang


4 Makanan Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang

4 Makanan Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Wilayah Indonesia memang berada di daerah tropis dengan intensitas sinar matahari yang cukup tinggi. Sayangnya, hal tersebut tak membuat masyarakatnya terbebas dari masalah yang diakibatkan oleh kurangnya asupan vitamin D.

 

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011, tercatat ada 75,9% anak-anak SD di wilayah Jakarta yang mengalami insufisiensi dan 15% mengalami defisiensi vitamin D. Hal ini tentu cukup memprihatinkan mengingat mereka masih masuk usia belia.

 

Lantas bagaimana dengan orang yang sudah lanjut usia? Itulah kenapa mengkonsumsi susu untuk tulang sangat dianjurkan. Dengannya, risiko osteoporosis juga dapat ditekan.

 

Selain minum susu untuk tulang, ada juga beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Beberapa makanan tersebut antara lain.

 

  1. Telur

    Telur

    Sebagian besar dari kita tentu cukup kerap mengkonsumsi telur. Meski kandungan kalsium di dalamnya hanya sekitar 5% dari kebutuhan setiap hari, telur juga kaya vitamin D. Vitamin inilah yang sangat membantu proses penyerapan kalsium dan menurunkan risiko osteoporosis.

  2. Sarden

    Sarden

    Makanan olahan dari ikan ini sangat kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D. Bahkan kandungan kalsium di dalamnya mencapai 30% dari kebutuhan harian manusia. Kandungan vitamin D yang ada di dalamnya juga tinggi. Bahkan angkanya mencapai 40% dari kebutuhan harian. Selain itu, sarden juga mengandung fosfor yang baik untuk menguatkan tulang dan homosistein yang memiliki kaitan erat dengan osteoporosis serta mengandung vitamin B12.

  3. Sayuran hijau

    Bayam

    Manfaat sayuran hijau memang sangat banyak bahkan baik untuk menjaga kesehatan tulang. Sayuran hijau juga mengandung kalsium dan vitamin K yang baik untuk mengatur kalsium dalam tubuh. Berdasarkan studi, vitamin K ini juga baik untuk menurunkan risiko patah tulang pinggul khususnya pada wanita.

  4. Susu tulang

    egold_plain_370

    Konsumsi makanan harian memang tak selalu bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian. Karenanya, mengkonsumsi susu tulang juga diperlukan. Kandungan nutrisi dalam susu ini juga lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin harian. Tak hanya baik untuk orang yang sudah memasuki usia senja, susu tulang juga baik untuk mereka yang masih muda.

 

Mengkonsumsi susu tulang dapat meningkatkan kekuatan tulang dan menekan risiko osteoporosis. Saat ini juga semakin mudah menemukan susu tulang. Ada banyak merk susu yang ada di luar sana seperti Entrasol dan lainnya. Anda bisa memilihnya sesuai selera.

 

 

 

Salam,

KALBE Store