4 Cara Menurunkan Kolesterol Tidak Perlu Mahal

4 Cara Menurunkan Kolesterol Tidak Perlu Mahal

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia disebabkan oleh tingkat kolesterol yang terkandung dalam darah melebihi batas normal. kolesterol itu sendiri merupakan senyawa lemak berlilin yang sejatinya diproduksi secara alami di hati, namun ada pula yang didapat dari beberapa jenis makanan.

Menurunkan kolesterol tidak harus dengan cara mahal. Tinggal mengatur pola makan dengan makanan bergizi baik dan tidak membuat kadar kolesterol meningkat. Anda bisa mencoba tips berikut:

1. Perbanyak Sayur dan Buah

 

Perbanyak-Sayur-dan-Buah-menurunkan-kolesterol

Dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah, akan membantu menurunkan kolesterol. Buah dan sayur merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan berperan penting untuk menurunkan kolesterol dan kesehatan jantung. Penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi buah-buahan segar untuk menurunkan kolesterol secara alami, meski prosesnya membutuhkan waktu lebih lama dan lebih lambat dibanding obat penurun kolesterol, tapi mengonsumsi buah akan lebih aman dan tentunya tanpa efek samping. Berikut buah yang disarankan Kemenkes untuk penderita kolesterol:

Alpukat

Kandungan lemak dalam alpukat memang cukup tinggi, yakni sekitar 16 persen. Tapi, kandungan lemak dalam alpukat adalah lemak yang menyehatkan, sebab 63% penyusunnya merupakan asam lemak tak jenuh, terutama jenis asam lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat (LDL – low density lipoprotein).

Selain sebagai berkhasiat untuk menjaga pembuluh darah, alpukat sangat dianjurkan karena mengandung banyak serat dan omega-9. Omega-9 dan serat inilah yang akan menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap rendah.

Tomat

Tomat juga termasuk dalam daftar buah-buahan penurun kolesterol yang paling ampuh. Khasiat tomat terdapat pada senyawa likopen pemberi warna merah pada tomat matang. Likopen merupakan antioksidan penting yang berfungsi untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain likopen, di dalam tomat juga terkandung vitamin B dan kalium yang mampu menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

Semangka

Selain ampuh menghilangkan dahaga seketika, ternyata semangka juga termasuk dalam keluarga buah-buahan penurun kolesterol. Pasalnya, semangka juga mengandung likopen, sama halnya dengan tomat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Apel

Buah apel juga sangat  terkenal menyehatkan. Salah satu khasiat buah apel rupanya juga bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Kandungan zat beta-glucan yang terdapat di dalamnya memiliki peranan untuk mengontrol produksi kolesterol dalam darah.

Selain itu, apel juga berfungsi sebagai sumber serat larut yang juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, serta mencegah arteri mengeras. Dengan kata lain, apel juga bisa melindungi tubuh terhadap risiko serangan jantung dan stroke. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, apel juga bisa dibuat sebagai cuka. Secara rutin mengonsumsi cuka apel akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

2. Mengonsumsi Fitosterol

 

Mengonsumsi-Fitosterol-menurunkan-kolesterol

Fitosterol adalah sel membran pada tumbuhan yang memiliki fungsi seperti kolesterol dalam tubuh manusia. Biasanya menu makanan penurun kolesterol akan menggunakan bahan makanan yang mengandung senyawa ini. Sebab fitosterol sudah diakui sebagai senyawa yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah sejak tahun 1950. Bahkan mengonsumsi makanan sumber fitosterol juga terdapat dalam pedoman penurun kolesterol yang dikeluarkan oleh European Heart Association.

Fitosterol merupakan saudara kembar dari kolesterol, namun memiliki manfaat yang berbeda. Jika terdapat fitosterol dalam tubuh, maka tubuh akan cenderung menyerap fitosterol daripada kolesterol. Untuk mendapatkannya tidaklah sulit karena Anda bisa mendapatkannya dari beberapa makanan di sekitar Anda. Misalnya seperti kacang-kacangan, buah, dan sayur.

Anda juga bisa mengolah makanan penurun kolesterol dengan minyak nabati  yang juga mengandung fitosterol. Namun penggunaannya yang salah justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Misalnya ketika minyak nabati digunakan untuk memasak dengan titik didih yang melebihi batas maksimalnya. Itulah alasannya banyak yang menggunakan minyak nabati ini untuk campuran salad atau makanan lain tanpa melalui proses pemanasan.

3. Konsumsi Jeruk Nipis

 Konsumsi-Jeruk-Nipis-menurunkan-kolesterol

Mengonsumsi jeruk nipis merupakan cara menurunkan kolesterol secara alami. Jeruk nipis tidak hanya bisa bantu hilangkan kolesterol, tetapi juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. jeruk nipis juga akan mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Selain jeruk nipis, flavonoid ini sebenarnya juga banyak ditemui pada kedelai, tomat, teh, delima, brokoli, serta bawang merah dan bawang bombay.

Anda bisa tambahkan irisan jeruk nipis pada menu makanan Anda. Anda bisa menikmati jeruk nipis dengan mengirisnya tipis-tipis dan menyeduhnya dalam gelas berisi air panas selama 30 menit. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, sebaiknya seduhan jeruk nipis diminum sehari dua kali, pagi dan malam.

4. Aktif Bergerak

 Aktif-Bergerak-menurunkan-kolesterol

Akan sia-sia usaha Anda apabila upaya menurunkan kolesterol tidak diimbangi dengan banyaknya aktivitas fisik. Aktivitas fisik dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Usahakan untuk berolahraga selama 30-60 menit tiap hari. Misalnya jogging, lari, bersepeda, atau berenang. olahraga merangsang enzim yang membantu memindahkan kolesterol jahat dari darah dan dinding pembuluh darah ke hati. Dari hati, kolesterol dicerna menjadi empedu dan dikeluarkan dari tubuh. Jadi, semakin rajin berolahraga, semakin banyak kolesterol jahat (LDL) yang dikeluarkan dari tubuh.

Olahraga juga meningkatkan ukuran partikel protein pembawa kolesterol via darah. Partikel protein yang berukuran kecil dan padat lebih berbahaya ketimbang partikel protein yang berukuran besar. Pasalnya, partikel protein berukuran kecil bisa masuk menembus lapisan jantung dan pembuluh darah. Dengan begitu, olahraga bisa mengontrol kolesterol agar tidak membahayakan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menurunkan kolesterol dengan Nutrive Benecol. Hadir dalam Nutrive Benecol Smoothies. Produk ini mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang teruji klinis membantu menurunkan kolesterol total sebanyak 7-10% dalam 2-3 minggu dengan rutin konsumsi. Bedanya Nutrive Benecol Smoothies dijual seharga Rp 33.000 untuk mencegah penyerapan kolesterol dari makanan. Tidak mahal bukan?

Nutrive-Benecol-Strawberry-6x100ml

Tertarik untuk mencoba rangkaian Nutrive Benecol? KALCare punya penawaran menarik untuk Anda. Klik di sini untuk mengetahui promo harga special dari Nutrive Benecol. nda bisa juga menikmati berbagai promo menarik khusus produk H2 melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Sehingga Anda tidak melewatkan promo menarik yang ditawarkan sambil mengumpulkan point rewards. Jangan lupa untuk follow sosial media KALCare untuk mendapatkan informasi kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook.

 

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Kemenkes RI. (Diakses pada 25 Mei 2021) https://promkes.kemkes.go.id/?p=8435
  2. Makanan Sumber Fitosterol, Penurun Kolesterol. (Diakses pada 25 Mei 2021) https://nutrivebenecol.com/id/artikel/makanan-sumber-fitosterol-penurun-kolesterol